Tarunajaya Kurangi Sampah Jatigede

Tarunajaya Kurangi Sampah Jatigede
Pemdes Tarunajaya melakukan langkah awal sosialisasi pengelolaan sampah dengan RT/RW untuk mengelola sampah Jatigede (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Kurangi pencemaran sampah di areal Waduk Jatigede, Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja mengggandeng Bumdes untuk mengelola  sampah.

Sebagai salah satu desa penyangga Waduk Jatigede, Pemdes Tarunajaua berupaya untuk mengurangi suplay sampah dari wilayah desanya ke areal waduk melalui saluran irigasi.

Biasanya, dampak dari tidak terkelolanya sampah, maka warga akan membuang sampah sembarangan ke saluran irigasi. Sehingga, pada saat musim hujan tiba, sampah akan ikut terbawa arus air dan masuk ke areal waduk.

Baca Juga:Jaringan Internet Harus MerataGanesha Pratama Ciptakan Lulusan Siap Bekerja

“Mulai bulan depan kami akan eksist dengan Bumdes untuk kelola sampah dari masyarakat. Target kami tidak lagi ada sampah di  saluran irigasi,” kata kepala Desa Tarunajaya, Endas Jauharudin, Selasa (23/8).

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya berharap ada dukungan dari masyarakat untuk program pengelolaan sampah tersebut. Sebab, tanpa dukungan dari masyarakat programnya tidak akan berjalan.

“Mudah-mudahan program ini dapat berlangsung dengan lancar, sesuai target kami,” kata dia.

Langkah awal, Pemdes Tarurnajaya sudah melakukan sosialisasi kepada para RT/RW. Tujuannya agar para ketua RT bisa mensosialisasikannya langsung kepada masyarakat, sekaligus menampung aspirasi dari masyarakat.

“Kami sudah lakukan rapat koordinasi dan sosialisasi dengan para ketua RT/RW, lalu sosialisasi itu diteruskan kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, program pengelolaan sampah ini bisa membuka lapangan pekerjaan. Setidaknya akan ada warga yang bisa diberdayakan pada program tersebut.

“Program ini bukan hanya untuk mengurangi sampah di waduk saja, tapi juga harus bisa memberdayakan warga,” katanya. (eri)

0 Komentar