Pramuka Pionir Bangun Budi Pekerti

Pramuka Pionir Bangun Budi Pekerti
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan SE saat menghadiri pembukaan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Cisitu Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibungbulang Desa Cigintung Kecamatan Cisitu, Jum'at (26/8) (ist)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan SE membuka kegiatan Jambore Ranting Gerakan Pramuka Cisitu Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cibungbulang Desa Cigintung Kecamatan Cisitu, Jum’at (26/8).

Wabup dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka sudah seharusnya menjadi pionir dalam membangun budi pekerti dan ilmu pengetahuan sebagai basis generasi bangsa dalam menghadapi modernisasi dan globalisasi yang penuh tantangan.

“Untuk itu, saya mengapresiasi semangat para penggalang dari Kwartir Ranting Cisitu yang saat ini tergabung sebagai anggota aktif Gerakan Pramuka serta mengikuti jambore ini. Kalian adalah generasi pilihan yang berani memilih jalur positif dalam meniti masa depan,” ucap Wabup.

Baca Juga:Masyarakat Diberikan Pemahaman Soal PajakPenyuluhan, Munculkan Kembali Aktifitas Koperasi

Selain itu, menurut Wabup, Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

“Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Kita sepatutnya bangga menjadi anggota Pramuka, karena di organisasi ini kita belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah,” ujarnya.

Berbicara mengenai karakter bangsa, Wabup menuturkan, fenomena yang terjadi di era globalisasi menyebabkan generasi muda banyak yang berprilaku kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa yang dimiliki.

“Saya berharap kegiatan Jambore Ranting Cisitu ini dapat mendidik adik-adik Penggalang menjadi Pramuka yang gembira, kreatif dan berprestasi sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” tuturnya.

Tema Jambore Ranting Gerakan Pramuka Cisitu adalah “Pramuka Yang Gembira. Kreatif, dan berprestasi”.

Peserta Jamran berasal dari 28 pangkalan yang terdiri dari 22 pangkalan SD dan 1 pangkalan MI sehingga seluruhnya berjumlah 460 orang. Adapun 4 pangkalan SMP/MTs berjumlah 140 orang, SLB 20 orang, PMR 30 orang, DKR 20 orang, pendamping 106 orang dan panitia 65 orang. Dengan demikian, jumlah seluruh peserta Jambore Ranting Cisitu sebanyak 841 orang. (red)

0 Komentar