Kematian Ikan Dewa Diduga Keracunan Pakan, Pembudidaya Sumedang Mengaku Prihatin

Kematian Ikan Dewa Diduga Keracunan Pakan, Pembudidaya Sumedang Mengaku Prihatin
Peternak ikan dewa asal Cimalaka Dedin Khoerudin saat memberikan makan ikan peliharaannya. Dia menduga kematian ikan kancra di Kuningan akibat keracunan pakan (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Baru baru ini viral matinya puluhan Ikan Dewa di Situ Cibulan Kabupaten Kuningan. Puluhan Ikan Dewa atau ikan Kancra dalam bahasa Indonesia tersebut mati tanpa diketahui penyebabnya.

Tak hanya di Kuningan, Ikan tersebut ada juga di Kabupaten Sumedang. Bahkan, ikan dengan nama latin Torsoro ini berhasil dibudidayakan oleh salah seorang warga Desa Licin.

Pembudidaya ikan kancra Dedin Khoerudin membudidaya ikan ini di kawasan mata air Ciburial.

Baca Juga:Ridwan Kamil Jamu Para Delegasi Nikmati Udara Sejuk BogorDihasilkan Lewat Konsensus, Urban 20 G20 Serahkan Komunike kepada Airlangga Hartarto

“Kalau di Jawa Barat ikan jenis ini umumnya dinamakan Ikan Dewa. Nama itu awalnya berasal dari Kabupaten Kuningan,” ungkap Dedin, Kamis (1/8).

Ikan Dewa oleh sebagian orang Kuningan dianggap sebagai ikan keramat dan dipercaya sebagai jelmaan pasukan Prabu Siliwangi.

“Kalau di Kuningan Ikan Dewa itu oleh sebagian orang dikeramatkan. Mungkin maksud dan tujuannya agar dapat menjaga kelestariannya,” jelas Dedin.

Ia pun mengaku prihatin dengan adanya peristiwa matinya puluhan Ikan Dewa yang ada di objek wisata  Cibulan.

Dedin menduga kematian puluhan ikan tersebut disebabkan oleh dua kemungkinan. Seperti adanya perubahan suhu air dan kemungkinan kedua akibat keracunan pakan.

“Pengalaman saya selama membudidaya Ikan Kancra, faktor kematian ikan itu disebabkan kalau tidak oleh pengaruh suhu atau dari pakannya,” tambah Dedin

Ia pun memiliki alasan atas dugaannya itu. Pasalnya, para pengunjung disana dibebaskan untuk memberikan pakan ikan dengan makanan yang dibawanya.

Baca Juga:Budidaya Udang Lobster MenjanjikanKekeringan, Petani Menggunakan Pompa Air

“Berdasarkan pengalaman saya waktu kesana (Objek Wisata Cibulan), para pengunjung itu bisa ngasih makan dengan roti dan makanan ringan lainnya. Sementara, makanan-makanan itu kita tidak tahu apakah cocok untuk ikan-ikan itu atau tidak. Saya kuat menduga kematian ikan disebabkan oleh pakan,” paparnya.

Menurutnya, Ikan Kancra sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang cukup bandel saat dibudidayakan.

“Ikan Kancra ini termasuknya bandel dan kuat, ya paling umumnya itu. Kalau ada perubahan suhu biasanya sedikit ngedrop,” ujarnya

Ia menyebut, habitat ikan jenis ini biasanya banyak terdapat di aliran sungai deras di sekitar daerah-daerah hulu.

0 Komentar