Mulyasari Target PBB Capai 70 Persen

Mulyasari Target PBB Capai 70 Persen
Sekretaris Desa Mulyasari Yusuf Azis dengan Kasi Pemdes Kecamatan Sumedang Utara Endang Rohman SIP saat berfoto bersama (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) DD tahap 2 tahun anggaran 2022 di Kecamatan Sumedang Utara disambut baik Pemerintah Desa Mulyasari.

Kegiatan ini merupakan kontroling yang luar biasa dari Tim Monev Kecamatan Sumedang Utara. d

Dimana, desa bisa lebih maju dan berkembang dalam pengelolaan Dana Desa yang terserap.

Baca Juga:Babinsa Koramil 1004/Tanjungsari Kunjungi Warga SakitJangan Marah Yang Berlebihan

Hal ini disampaikan Kepala Desa Mulyasari Caim Nurhikmat melalui Sekretaris Desa Mulyasari Yusuf Azis kepada Sumeks di sela – sela pelaksanaan kegiatan Monev DD tahaf 2 tahun 2022 di kantor Desa Mulyasari, Kamis (15/9).

“Terkait dengan kegiata Monev, Alhamdulillah untuk Desa Mulyasari, pertama untuk target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) per hari Rabu (14/9 ) sudah mencapai 68 persen. Dan, diperkirakan untuk hari ini sudah naik lagi menjadi 70 persen,” katanya.

Dikatakan, edukasi dan himbauan pada masyarakat untuk pembayaran PBB ini terus dijalankan melalui RT dan RW serta para kader dan pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Kedua, lanjut Ajis, terkait dengan pengelolaan Dana Desa (DD) pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin melaksanakan dan menetapkanya sesuai hasil musyawarah yang dan perencanaan-perencanaan yang harus sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021.

“Yang kita utamakan adalah program Ketahanan Pangan. Untuk program Ketahanan Pangan difokuskan kepada peternakan domba di satu titik dengan lokasi di tanah kas desa. Harapannya untuk mempermudah dari segi kontrolingnya bagi semua pihak,” katanya.

Terkait dengan PBB, pemerintah Desa Mulyasari tidak bosan menghimbau agar masyarakat bisa lebih bijak menyisihkan penghasilanya untuk membayar pajak. “Hal itu guna membantu pemerintah dalam kepentingan semua dan dalam pembangunan di semua sektor,” paparnya.

Sementara itu, Kasi Pemdes Kecamatan Sumedang Utara Endang Rohman SIP menyampaikan, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Sumedang Utara, ini memiliki karakter masing-masing dengan jenis program keunggulan yang berbeda.

Baca Juga:Ratusan Warga Terima BLT DD dan BLT BBMLongsor di Tegalmanggung Berdampak ke Desa Cimanggung

“Masih dalam Monitoring evaluasi kebetulan Tim Monev sekarang ada di Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara. Kebetulan ini khusus untuk PBB-nya memang ditargetkan seharusnya minimal 75 persen untuk persyaratan  pencairan Dana Bagi Hasil (DBH),” katanya.

0 Komentar