Kisah Bidan Honorer Berdampingan dengan Paraji, SICANTIK Kawal Ibu Hamil Hingga Melahirkan di Ambulans

Editor:

sumedang, TANJUNGSARI – Bidan Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari di lingkungan UPTD Puskesmas (PKM) Margajaya memiliki inovasi ‘Selamatkan Ibu Ciptakan Anak Sehat di Kutamandiri’ disingkat SICANTIK.

 

SICANTIK ini mengawal ibu hamil hingga punya anak usia balita. Hal itu disampaikan Bidan Desa Kutamandiri Hanin Supianti A.Md. Keb di PKM Margajaya, belum lama ini.

 

Bidan Hanin tergabung di Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sumedang. Organisasi profesi tersebut yang secara berkesinambungan melakukan berbagai upaya terobosan atau inovasi untuk memperkuat organisasi IBI. Salah satu terobosan bidan yang masih berstatus Honorer itu yakni SICANTIK.

 

Hanin mengakui, melalui pelayanan dan pengabdian profesi kepada masyarakat berharap bisa meningkatkan citra bidan, membangun kesehatan pada umumnya, kesehatan ibu dan anak pada khususnya.

 

Selain itu, bidan desa ini respek terhadap pembangunan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan Ibu dan bayi, serta menjadi sahabat seorang perempuan. Hal itu guna menjaga hubungan baik dengan pasiennya untuk jangka waktu lama.

 

“Bidan itu sebuah pekerjaan yang berat dengan tanggung jawab yang besar. Dan, Bidan akan menjadi sebuah cerita dalam kehidupan perempuan,” ungkapnya.

 

Menurutnya, bidan itu merupakan salah satu profesi dalam bidang kesehatan, dan memiliki kewenangan memberikan pelayanan kesehatan ibu, anak dan kesehatan reproduksi.

 

Bidan terus menggali kompetensi dan peningkatan kemampuan, serta terus memfasilitasi kegiatan pengembangan keahlian dan keilmuan para bidan, sesuai dengan perkembangan aktual, guna mewujudkan profesionalitas bidan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *