Ikan Patin Banyak Muncul di Jatigede

Editor:

sumedang, DARMARAJA – Akhir-akhir ini ikan jenis patin banyak bermunculan di areal Waduk Jatigede. Nelayan Waduk Jatigede sendiri saat ini tengah ramai dengan ikan patin yang berukuran besar.

 

Belum lama ini seorang nelayan di Waduk Jatigede, Sadili mengaku dapat ikan patin hasil tangkapannya kurang lebih 8 ekor dengan ukuran jumbo.

 

Dalam hal ini, para nelayan lebih giat lagi mencari ikan dengan cara dijaring. Namun, jaring harus di pasang di tempat dengan kedalaman lebih dari 30 meter.

 

“Patin ukuran jumbo banyak didapati oleh nelayan. Saya juga dapat 8 ekor dengan total timbangan 1,5 kwintal, ada yang 25 kg satu ekornya,” katanya kepada Sumeks, Rabu (21/9).

 

Dikatakan, pada dasarnya ikan di Waduk Jatigede ada beberapa varian. Namun kali ini khusus di wilayah perairan Darmaraja tengah ramai oleh keberadaan patin.

 

“Saya baru kali ini dapat patin dengan jumlah yang cukup banyak. Biasanya saya dapat jumlah banyak itu ikan mujair,” terangnya.

 

Dia menerangkan, sempat ada penampakan ikan patin naik ke permukaan air dengan jumlah yang sangat banyak. Hal itu terjadi sudah dua kali pada pagi hari.

 

“Ikan patin ini sempat naik ke permukaan, dengan jumlah sangat banyak,” kata dia.

 

Selain itu, warga setempat juga berburu ikan patin dengan cara dipancing. Teknis memancing ikan tersebut biasanya warga menggunakan sampan atau perahu  ke tempat yang dalam atau ke tempat yang biasa muncul ikan tersebut.

 

“Saya sudah beberapa kali dapat ikan patin dengan cara dipancing, minimal saya dapat 4 ekor dengan berat bervariasi mulai dari 1 kg sampai 3 kg,” katanya. (eri)

 

Baca juga: Lahan Gunung Kacapi Terbakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.