Dosen UPI Sumedang Mengabdi Untuk Negeri, Penguatan Karakter Religius Melalui Pelatihan Tahsin dan Tahfidz Al Quran dengan Metode Tikrar

Dosen UPI Sumedang Mengabdi Untuk Negeri, Penguatan Karakter Religius Melalui Pelatihan Tahsin dan Tahfidz Al Quran dengan Metode Tikrar
Dr Ani Nur Aeni MPd (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Salah satu tugas dosen dalam Tridharma perguruan tinggi adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM dapat dilaksanakan berdasarkan bidang kepakaran ilmu. Salah satu kepakaran ilmu yang ada pada Dosen UPI Kampus Sumedang adalah bidang Pendidikan Agama Islam.

PKM dilaksanakan selain sebagai pelaksanaan dari tridarma perguruan tinggi juga sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan kaum akademis terhadap situasi dan kondisi masyarakat.

Baca Juga:Ispektorat Lakukan Pemeriksaan Pembagian BLT BBMKarang Taruna Harus Bersinergi, Kartar Mangunarga Berikan Santunan

Berdasarkan analisis situasi, ditemukan kondisi masyarakat yang membutuhkan kepedulian dari pakar Agama Islam untuk melatih masyarakat dalam mengakrabkan dengan  Al-Quran, masih ditemukan banyak masyarakat yang belum bisa membaca Al-Quran dengan benar. Bahkan, belum memiliki Pembendaharaan hafalan ayat Al-Quran yang memadai.

Hafalan Al-Quran ini sangat penting, terutama untuk keperluan shalat. Demikian juga Tahsin dalam membaca Al-Quran juga penting, karena tuntunan di dalam Al-Quran bahwa membaca Al-Quran itu harus dengan tartil. Artinya, harus dengan benar bacaannya sesuai dengan hukum tajwid.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut maka TIM PKM Dosen UPI Kampus Sumedang yang diketuai oleh Dr. Ani Nur Aeni, M.Pd. dan beranggotakan Dr. Nurdinah Hanifah, M.Pd., Drs. H. Dadan Djuanda, M.Pd., dan Dr. Maulana, S.Pd., M.Pd. melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di wilayah Kelurahan Pasawahan Kec. Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, tepatnya di lingkungan RW 06 Citepus.

PKM kepakaran bidang ilmu ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan jumlah jam pembelajaran (JP) keseluruhan 20 JP yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jumat, mulai tanggal 16 sampai 30 Agustus 2022.

Durasi pelatihan adalah 4 JP (45 menit) setiap pertemuan yang terbagi dengan 2 sistem, yaitu system mandiri dan system terbimbing. 2 JP dilaksanakan secara mandiri dan 2 JP dilaksanakan secara terbimbing.

Target dalam pelatihan ini adalah peserta dapat : 1) Melafalkan hafalan surat An-Naba ayat 1- 40 dengan bacaan yang benar 2) Melafalkan hafalan doa-doa seputar ibadah, yaitu a) doa memohon dilapangkan dan dimudahkan segala urusan, b) doa syukur nikmat usia 40 tahun, c) doa shalat mayit, d) doa saat masuk rumah, e) doa menempati tempat baru, f) doa keselamatan, g) doa kemaslahatan dunia dan akhirat.

0 Komentar