Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan Divaksin

Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan Divaksin
Kepala UPTD Kecamatan Situraja drh Yuli Jajuli gendong kucing yang akan divaksin, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Cegah penyakit rabies, hewan peliharaan di Kecamatan Situraja dilakukan vaksinasi.

Pada momen hari rabies sedunia ini pihak pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan membuat program vaskin serentak yang dilakukan pada hari Rab (28/9).

Kepala UPTD Peternakan dan Perikanan Wilayah Kecamatan Situraja drh Yuli Jajuli menyebutkan Hari Rabies se-dunia jatuh tepat pada hari Rabu (28/9). Peringatan hari rabies kali ini merupakan peringatan yang ke-16 sejak mulai diperingati tahun 2007.

Baca Juga:Ratusan Warga Regol Wetan Terima BLT BBMPTSL Berbasis Partisipasi Masyarakat 

“Tema hari rabies yang ke-16 tahun ini mengangkat judul ‘One Health, Zero Death’, Satu Kesehatan, Nol Kematian,” jelasnya kepada Sumeks, Rabu (28/9).

Menurutnya, Rabies adalah penyakit mematikan dikarenakan infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies.

“Rabies (penyakit anjing gila) merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat pada manusia dan hewan berdarah panas yang disebabkan oleh virus rabies. Ditularkan melalui saliva (anjing, kucing, kera) yang kena rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka,” katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, upaya vaksinasi rabies yang dilakukan itu semata-mata untuk melindungi manusia dari penyakit yang diderita oleh hewan peliharaan seperti anjing,kucing dan kera.

Dalam hal ini, pihak UPT memberikan edukasi kepada pemilik hewan peliharaan pada saat proses vaksin berjalan, bahwa hewan yang mereka sayangi bisa menjadi bumerang bagi pemiliknya pada saat hewan tersebut terpapar virus rabies.

“Pada dasarnya, kita melakukan vaksinasi terhadap hewan ini untuk melindungi manusia, karena jangkitan rabies bisa mengakibatkan kematian pada manusia yang terkena rabies,” katanya.

Dalam hal ini, pihaknya mengingatkan, pada saat ada orang yang terkena gigitan hewan segera lakukan pengobatan ke pihak medis untuk ditindaklanjuti. Untuk memastikan hewan yang menggigit itu rabies atau tidaknya maka hewan tersebut harus dikurung dan dilakukan observasi selama 14 hari.

Baca Juga:Hindari Social Engineering, Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link Dan Install AplikasiPetani Sayuran Terancam Serangan Hama

“Harus dilakukan observasi untuk memastikan hewan itu terkena rabies atau tidak, kalau memang hewan tersebut rabies dalam waktu 1 sampai 14 hari maka akan mati,” kata dia. (eri)

0 Komentar