Ridwan Kamil Cawapres Potensial Anies Baswedan

Ridwan Kamil Capres Kebanggaan Jawa Barat. Ketua KNPI Sumedang: Kang Emil Mumpuni
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Politisi Partai NasDem Sumedang Reza Zaki menegaskan alotnya proses pencapresan di PDIP akhirnya memantik keberanian parpol lain, termasuk NasDem untuk mengambil sikap sesegera mungkin.

Sebenarnya, kata dia, paket Ganjar-Anies adalah komposisi yang sempat dipertimbangkan oleh NasDem.

“Sayangnya Ganjar merupakan kader PDIP yang tentu saja punya mekanisme internal, sedangkan Anies Baswedan adalah Free Agent yang bisa dengan lebih mudah menentukan sikapnya,” ujar Reza Zaki kepada Sumeks, Senin (3/10).

Baca Juga:Nasdem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024, Nasdem Sumedang Semakin Siap Hadapi PemiluPeduli Linkungan & UMKM, BRI Peduli Bersihkan Tepi Kali Senjoyo untuk Masyarakat

Dikatakan, mengenai nama Cawapres tentu saja dibutuhkan sosok yang dapat mendongkrak popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan. Dimungkinkan duet pasangan ini memiliki track record sebagai Kepala Daerah dan berorientasi pada pembangunan.

“Sosok terdekat tentu saja Ridwan Kamil yang dianggap sebagai Cawapres paling potensial dari semua nama dalam survei,” jelasnya.

Sementara itu, DPP Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Namun, NasDem belum mengumumkan akan berkoalisi dengan partai politik lain.

“Ya Nasdem duluan. Nanti dilihat teman-teman semua nanti ngomong. Eh kau lihat calon NasDem ini ganteng apa enggak. Kami tanya dulu dia. Kalau belum apa kurang cocok?. Ya sudahlah apa boleh buat,” kata Surya Paloh saat deklarasi capres Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10)

Dia bahkan mencontohkan percakapan yang akan terjadi saat dirinya mencari koalisi untuk mengusung Anies Baswedan.

“Kamu lihat punya visi enggak ya. Punya kapabilitas untuk pimpin bangsa ini, kalo sepakat dengan NasDem sudah dua poin. Kamu yakin enggak Anies Baswedan?. Yaudah diatur baik-baik, hari baik,” kata Surya Paloh.

Surya Paloh juga menyatakan pihaknya memberikan Anies Baswedan otoritas untuk menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Baca Juga:Tragedi PrestasiKetua MWA Pantau Pembangunan Infrastruktur dan Proses Perkuliahan, Agum Gumelar Kunjungi UPI Kampus Sumedang

“NasDem sudah kasih otoritas sama Bung Anies. Bagaimana kami tiba-tiba pilih cawapres yang enggak cocok sama dia, itu namanya cari penyakit politik apa yg kita kerjakan?” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menjelaskan alasan parpolnya mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024.

0 Komentar