Tangani Ibu Hamil Hingga Melahirkan, Tak Ada Paraji

Tangani Ibu Hamil Hingga Melahirkan, Tak Ada Paraji
Bidan Desa Sindulang di bawah pengawasan UPTD Puskesmas Cimanggung Sri Mulyani STr Keb saat memeriksa ibu hamil di poskesdes, baru-baru ini (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Bagi masyarakat perkotaan, mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit sangat mudah. Hampir setiap sudut kota memiliki puskesmas atau klinik yang bisa didatangi, baik untuk sekedar konsultasi atau pemeriksaan kesehatan rutin.

Berbeda dengan Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, lokasi desa tersebut sekitar 11 Km dari pusat kota Kecamatan.

Bidan Desa Sindulang di bawah pengawasan UPTD Puskesmas Cimanggung Sri Mulyani STr Keb, mengatakan tidak sulit di daerahnya untuk mengajak ibu hamil agar bisa mengunjungi fasilitas kesehatan karena di desanya ada Poskesdes.

Baca Juga:Perpustakaan Digital Dongkrak Minat BacaJalan Desa Sindulang Minim PJU

“Justru ibu yang sedang hamil saat akan melahirkan selalu rutin datang ke Poskesdes. Kami tidak sulit mengajak mereka untuk datang ke poskesdes untuk memeriksakan kesehatanya saat hamil,” kata Sri kepada Sumeks, Selasa (4/10).

Dipastian di desanya tidak ada lagi dukun beranak (Paraji), kalau pun ada itu datang dari luar wilayah d

Desa Sindulang. Karena, desanya  berbatasan dengan Kabupaten Bandung, paraji mendampingi ibu hamil dari desa tetangga, yakni Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung.

Namun demikian, paraji yang ada dan mendampingi ibu hamil hingga melahirkan sudah mendapatkan bimbingan secara benar dalam menangani ibu hamil hingga melahirkan yang baik.

Pada intinya, bidan desa menangani proses persalinan secara medis. Sedangkan paraji membantu bidan untuk membersihkan ibu dan bayi pasca persalinan.

“Di desa kami dipastikan dukun bersalin atau paraji sudah tidak ada lagi, tapi ibu yang akan melahirkan ada yang didampingi paraji didatangkan dari desa sebelah di Kabupaten Bandung,” terangnya.

Dia menjelaskan bagi warga Desa Sindulang yang akan berobat ke Poskesdes yakni pada hari Senin, Kamis dan Jumat buka jam 07.30 hingga pukul 14.00. Selasa dan Sabtu merupakan jadwal pos yandu mulai buka  jam 07. 30 sampai selesai dan hari Rabu piket di Puskesmas.

Baca Juga:Poktan Harus Gandeng Bumdes Untuk PermodalanSebanyak 70 Negara Jadi Tujuan PMI

Selain ibu hamil dan melahirkan yang datang ke Poskesdes ada juga pasien umum yang berkunjung. Dalam kunjungan pasien umum bulan ini pada musim perubahan cuaca rata-rata mereka terserang scabieas (penyakit kulit) dan ispa. (kos)

0 Komentar