Lahan di Waduk Jatigede Berpotensi Dongkrak Perekonomian, Butuh Dukungan Pemerintah

Lahan di Waduk Berpotensi Dongkrak Perekonomian, Butuh Dukungan Pemerintah
Warga yang hendak mengelola lahan di wilayah Batununggul Kecamatan Darmaraja (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

 

Kondisi ini, tentunya harus menjadi perhatian pemerintah daerah, paling tidak membuat kebijakan yang pro warga dan mampu memberikan peluang kepada warga OTD untuk mendongkrak perekonomiannya.

“Banyak potensi yang bisa digali di kawasan Jatigede, asal ada dukungan penuh dari pemerintah daerah. Misal, bidang pengembangan parawisata, sektor pertanian dan sektor perikanan,” ujarnya

Suharyana mencontohkan, banyak lahan kawasan yang tidak tergenang, jika dikelola oleh warga bisa menghasilkan peluang usaha. Namun karena lahan tersebut milik pemerintah pusat, sehingga jika digarap oleh warga untuk membuka lahan usaha perlu perizinan.

Baca Juga:Ada Kepentingan Politik Di Balik Lukas Embe Jadi Kepala Suku BesarPeringatkan Daerah Rawan Bencana, BPBD Himbau Masyarakat Waspada

“Kalau pemerintah daerah mau mengupayakan, memohon ke pemerintah pusat agar lahan-lahan yang ada bisa dikelola oleh warga OTD, akan membuka peluang usaha. Contoh selain Pasir Calung,  lahan Pasir Batununggul seluas puluhan hektare, bisa dijadikan kawasan wisata bisa juga dibentuk kawasan pertanian,” kata dia. (eri)

0 Komentar