Lahan di Waduk Jatigede Berpotensi Dongkrak Perekonomian, Butuh Dukungan Pemerintah

Lahan di Waduk Berpotensi Dongkrak Perekonomian, Butuh Dukungan Pemerintah
Warga yang hendak mengelola lahan di wilayah Batununggul Kecamatan Darmaraja (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Areal pulau di kawasan Waduk Jatigede jadi salah satu lokasi yang saat ini menjadi lahan garapan masyarakat.

Semula kawasan yang dikenal dengan sebutan Pasir Calung hanya sebuah hamparan lahan yang ditumbuhi rumput liar dan ilalang, cukup langka ada orang yang berani memasuki areal tersebut.

Namun, karena dorongan kebutuhan hidup, satu per satu warga di sekitar waduk menggarap sedikit demi sedikit areal Pasir c

Baca Juga:Ada Kepentingan Politik Di Balik Lukas Embe Jadi Kepala Suku BesarPeringatkan Daerah Rawan Bencana, BPBD Himbau Masyarakat Waspada

Calung. Saat ini sudah ada beberapa hektar lahan di pulau tersebut yang sudah produktif.

Salah satu penggarap, Oma menyebutkan, dirinya mengaku mengolah lahan yang tadinya tidak produktif menjadi produktif sekitar kurang lebih satu hektar. Namun, biasanya penggarapan lahan itu dilakukan secara bersama-sama.

“Saya sekarang nanam pisang, singkong dan yang lainnya. Sebentar lagi pisangnya sudah bisa dipanen,” katanya kepada Sumeks, Kamis (13/10).

Dalam hal ini, pihaknya menyadari kalau lahan yang digarapnya itu lahan yang sudah dibebaskan untuk kepentingan pembangunan waduk. Namun karena dirinya tidak memiliki lahan garapan di wilayah penyangga pasca penggenangan Waduk Jatigede, akhirnya mereka membuka lahan tersebut yang sempat tidak digarap pasca pengenangan.

“Jadi lahan ini tadinya tanah kas desa beberapa desa yang saat ini wilayahnya terendam. Salah satunya tanah kas Desa Cibogo Kecamatan Darmaraja. Tadinya (sebelum digenang) memang lahan ini ada yang garap, tapi setelah digenang lahan ini sempat mati (tidak produktif). Jadi kita buka lagi,” kata dia.

Menurutnya, lahan tersebut sangat berpotensi dijadikan areal pertanian yang mampu memproduksi kebutuhan pangan. Apalagi kalau ada dukungan pemerintah untuk pengelolaannya.

“Arealnya cukup luas, saya rasa ini sangat berpotensi jadi agrowisata, areal yang dikelilingi air waduk ini sangat menunjang,” katanya.

Baca Juga:Cost Politik Tinggi, Banyak Kepala Daerah Kena OTTSeni Reak Buhun Batuwulung Tetap Lestari, Diwariskan ke Anak-anak

Tokoh masyarakat orang terdampak Waduk Jatigede, Suharyana meminta pemerintah daerah memberikan kebijakan khusus kepada OTD untuk memberdayakan berbagai potensi di kawasan Bendungan Jatigede.

Selama ini, masih banyak warga OTD yang belum bisa beranjak perekonomiannya sejak pindah dari sejumlah desa wilayah genangan.

0 Komentar