Akreditasi Prodi PGSD UPI Memiliki Predikat Baik

Akreditasi Prodi PGSD UPI Memiliki Predikat Baik
Tim Asesor saat melakukan Akreditasi di Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang. (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Asesmen lapangan Kegiatan Akreditasi Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang dilaksanakan selama dua hari, yaitu mulai Kamis (13/10) sampai hari Jumat (14/10).

Kegiatan tersebut pembukaannya pada Kamis (13/10) sekitar pukul 08.00 yang dihadiri Wakil Rektor 1 UPI, Profesor Didi Sukyadi yang sedang berada di Manado mengikuti Konaspi dan dilakukan melalui Zoom. Kemudian, dihadiri juga Ketua SPM UPI Profesor Ratnaningsih Eko Sardjono dan Direktur UPI kampus Sumedang Prof Yudha Munajat Saputra Wakil direktur Dr Maulana dan para Kasie UPI Kampus Sumedang serta Tim Akreditasi.

Hal itu disampaikan Ketua Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang Dr Julia SPd MPd kepada Sumeks, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:Geger! Pria Hendak Dirampok Keluar Khodam Macan Putih, Pencuri Ketar-ketirAcungkan Celurit dan Bikin Resah Warga, Terduga Geng Motor Ditembak Polisi

“Saya ketua Prodi PGSD ingin menginformasikan terkait Program Akreditasi Program Studi. Jadi pada Tahun 2022 ini program studi PGSD UPI Kampus Sumedang berakhir masa Akreditasinya pada tanggal 7 November 2022,” katanya.

Dikatakan, akreditasi sebelumnya dilaksanakan tahun 2017 dengan masa akreditasi sampai tahun 2022 memiliki predikat baik. Pada tahun ini pihaknya menyiapkan Reakreditasi program studi agar mendapatkan peringkat yang lebih baik atau naik peringkatnya dengan target menjadi Terakreditasi A.

“Atau terakreditasi dengan predikat unggul. Oleh karena itu tim menyiapkan berbagai bukti-bukti fisik, berbagai kegiatan Tri Dharma yang dibutuhkan untuk menuju Terakreditasi A,” paparnya.

Diakui, tahun ini juga proses Akreditasi terjadi perubahan. Dimana, sebelumnya Akreditasi Program Studi itu dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Namun, sekarang program studi untuk pendidikan itu diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik).

“Sehingga, sedikit atau banyak tentu saja ada perubahan-perubahan secara proses atau prosedurnya. Seperti adanya pendaftaran, ada uang pendaftaran kemudian adanya juga pembayaran-pembayaran untuk proses akreditasinya ini.

Kemudian, lanjut dia, di kriteria-kriteria penilaian juga ada perubahan-perubahan serta jumlah indikator penilaian juga ada perubahan. Namun pada dasarnya apapun perubahan itu, pihaknya sebagai program studi mengikutinya dengan sebaik-baiknya demi mendapatkan hasil yang sangat baik.

“Nah kita berharap pada tahun ini ini sepertinya sebentar lagi SK akreditasinya akan keluar. Kami berharap bahwa program studi PGSD UPI Kampus Sumedang ini bisa naik peringkat,” harapnya.

0 Komentar