Ikan Predator Bayang-Bayangi Nelayan

Ikan Predator Bayang-Bayangi Nelayan
Seorang nelayan saat akan mencari ikan di Waduk Jatigede, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Perkembangbiakan ikan jenis predator masih terus terjadi. Hal itu dikeluhkan nelayan Waduk Jatigede.

Ikan predator jadi salah satu penyebab kelangkaan ikan di Waduk Jatigede. Pasalnya, ikan ini memangsa ikan-ikan kecil yang ada di Waduk Jatigede.

Salah satu nelayan Waduk Jatigede, Tayim mengatakan, seringkali ditemukannya ikan yang terjaring sudah tidak ada kepalanya. Itu artinya ikan tersebut dimangsa ikan predator. Dampaknya, mengganggu penghasilan dari penangkapan ikan.

Baca Juga:Wujud Sinergitas Polri dan Santri, Wakapolda Buka Peringatan Hari Santri NasionalIrigasi Harus Diperhatikan Petani

“Sepertinya ikan predator di Jatigede tidak akan pernah habis. Itu bisa berdampak buruk terhadap pelestarian ikan,” katanya kepada Sumeks, Kamis (20/10).

Dikatakan, salah satu jenis ikan predator yang saat ini dikenal para nelayan itu adalah tomang. Jenis ikan ini berukuran cukup besar, satu ekor ikan tomang bisa sampai belasan kilogram.

“Ikan predator dewasa bisa sampai belasan kilogram. Jumlah ikan tersebut di Waduk Jatigede saat ini sudah semakin banyak,” kata dia.

Seringkali, para nelayan melihat gerombolan ikan tersebut dengan jumlah yang cukup banyak. Hal itu meyakinkan para nelayan bahwa penyebab langkanya ikan di areal Waduk Jatigede karena adanya peningkatan populasi jenis ikan tomang.

“Biasanya ikan tomang itu bergerombol, saya sering melihat gerombolan ikan tersebut,” jelasnya.

Nelayan lainnya Maman menerangkan, semakin banyaknya populasi ikan tersebut, dikarenakan jenis ikan tomang itu sulit untuk ditangkap. Ditangkap menggunakan jaring juga sangat jarang terkena jebakan, dikarenakan ikan tersebut memiliki gigi yang sangat tajam.

“Kalaupun kena perangkap jaring itu karena kebetulan,” katanya.

Untuk menangkapnya, butuh keahlian dan strategi khusus. Adapun yang memancing ikan tersebut biasanya harus menggunakan senar berkualitas dan umpan yang digunakan juga bukan umpan biasa.

Baca Juga:Edukasi Obat Masih Minim, Dosis Keras Dijual BebasSaluran Irigasi Belum Maksimal

“Kalau mau mancing ikan tomang biasanya pake umpan mainan yang berbentuk ikan kecil atau udang,” katanya. (eri)

0 Komentar