Road to G20 : Indonesia Siap Menuju Industri Healthcare yang Terintegrasi

Road to G20 : Indonesia Siap Menuju Industri Healthcare yang Terintegrasi
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury dalam Diskusi Panel dengan Tajuk “G20 SOE Conference : Healthcare Transformation and Developing Global Cooperation in Health”. Pahala menyampaikan, Kementerian BUMN memiliki perhatian terhadap bidang Healthcare oleh karenanya pembentukan industry Healthcare di Indonesia sangat krusial
0 Komentar

 

Pahala tidak memungkiri, saat ini di Indonesia misalnya, kita masih mengimpor sekitar 95 persen bahan aktif produk farmasi. Begitu pun sekitar 70 persen peralatan medis, juga masih diimpor dari negara lain.

”Sekitar dua juta orang dengan sekitar enam setengah miliar dolar sebenarnya dikeluarkan oleh Indonesia. Tapi sebaliknya, mereka tidak mendapatkan tingkat layanan kesehatan yang tepat di Indonesia,” urainya.

”Ini menjadi tantangan bersama. Dan SOE ini bisa menjadi jembatan penyelaras antar negara dalam pengembangan transformasi kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:G20 SOE Conference: Professor Harvard Jelaskan Peran BRI Sebagai Bank yang Kuat di UMKMPeringatan Hari Santri Nasional 2022, Uu: Ideologi Negara adalah Ideologi Santri

Menurut Pahala, perlu ada regulasi bersama penanganan pandemi. Dan itu, adalah hal yang penting agar bisa menyelesaikan persoalan yang terjadi di berbagai negara yang diliputi pandemi, contoh ketika kekurangan dokter dan spesialis di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Hal yang tidak kalah penting, kombinasi digitalisasi dan teknologi harus ditujukan untuk pasien. Salah satu contohnya adalah aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi tersebut, selaian untuk meningkatkan meningkatkan manfaat bagi pasien, juga bagi pemerintah dengan program Universal Coverage (BPJS). ”Dengan kata lain, BUMN kesehatan memiliki healthcare ecosystem dari produksi, distribusi, dan layanan,” pungkasnya.

Senada dengan yang disampaikan Pahala, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma bersama Holding BUMN Farmasi saat ini telah memainkan peran sebagai agent of development, “bagaimana BUMN Farmasi Indonesia bisa mengembangkan, memproduksi dan meningkatkan produk serta layanan yang terintegrasi menuju Ekosistem Layanan Kesehatan di Indonesia”.

0 Komentar