Kolaborasi Dosen UPI Kampus Sumedang Mengabdi di Pesisir Selatan Jawa Barat

Dosen UPI Kampus Sumedang Berkolaborasi Mengabdi di Pesisir Selatan Jawa Barat
Dosen UPI Kampus Sumedang Berkolaborasi Mengabdi di Pesisir Selatan Jawa Barat (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Kolaborasi Dosen UPI Kampus Sumedang dari Program Studi PGSD dan Keperawatan, bersama dengan beberapa mahasiswa dari organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM), merampungkan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Dusun Cibatu, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada hari Minggu (16/10) hingga Senin (17/10).

Kegiatan pengabdian yang dimotori Dr. Maulana, S.Pd., M.Pd., CRA., CRP., (sebagai ketua tim dari Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang), yang dibantu Dadan Nugraha, S.Pd., M.Pd. (Dosen Prodi PGSD), dan H. Heri Ridwan, S.Kep., Ners., M.A.N. (Dosen Prodi Keperawatan), telah berlangsung sejak bulan Juli 2022.

Beragam bidang dilaksanakan, mulai dari pembinaan pendidikan, pembinaan kewirausahaan, pengembangan organisasi kepemudaan, sampai dengan program penggiatan olahraga. Mitra binaan kegiatan pengabdian ini khususnya di lingkungan Kecamatan Langkaplancar, adalah organisasi kepemudaan Karang Taruna Putra Intan Jaya, serta sekolah Raudhatul Athfal Nurul Huda 2. Keduanya merupakan instansi yang masih dikelola secara bersama oleh warga setempat.

Baca Juga:Diduga Terpeleset, Wanita Paruh Baya Mengambang di Sumur MusholaKematian Gagal Ginjal Akut Anak Capai 48 Persen, Hingga 18 Oktober Ada 206 Kasus

Kegiatan PkM dalam Skema Desa Binaan ini, difokuskan pada upaya peningkatan kualitas manajemen organisasi, kapasitas sumber daya manusia, dan penyediaan sarana-prasarana pendidikan.

Secara khusus, pembinaan bidang pendidikan diarahkan kepada management capacity building dan pelengkapan alat peraga edukasi (APE) kepada pihak RA Nurul Huda 2.

Pada hari penyerahan bantuan kepada sekolah, seluruh pemangku kepentingan turut hadir. Mulai dari Kepala BPD dan jajarannya, Ketua dan para pengurus DKM, Kepala RA beserta para guru, sesepuh masyarakat, serta seluruh siswa/santri bersama puluhan orang tuanya.

Ramainya kedatangan masyarakat seperti itu menunjukkan betapa besarnya perhatian dan semangat silaturahmi juga motivasi berkolaborasi. Dan dukungan seluruh pihak tersebut, tentu menjadi penanda bahwa semua memiliki keinginan untuk maju bersama.

Kegiatan pengabdian semacam ini menjadi sesuatu yang sangat positif bagi masyarakat sekitar. Diharapkan dapat menginisiasi instansi-instansi lainnya untuk turut membantu dan berpartisipasi.

Ekspektasi lainnya dari pihak sekolah, disampaikan oleh Kepala RA Nurul Huda 2. Menurutnya, disamping adanya bantuan pengembangan program dan penambahan sarana-prasarana yang diselenggarakan bulan Oktober 2022 ini, diharapkan juga terus dilaksanakannya pembinaan sumberdaya manusia secara kontinu. Khususnya, bagi para guru dan pimpinan manajemen di RA tersebut.

0 Komentar