Kapolsek Minta Warga Waspadai Longsor

Kapolsek Minta Warga Waspadai Longsor
Kapolsek Cisitu Ipti Awang Munggardijaya SH tinjau lokasi longsor di Dusun Nangerang Desa Cinangsi kecamatan Cisitu, belum lama ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya SH meminta warga yang bermukim di wilayah tanah labil waspadai longsor.

Untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang membahayakan jiwa karena dampak dari bencana alam, maka masyarakat harus tetap waspada.

Apalagi, belum lama ini sempat terjadi longsor dua titik di Desa Cinangsi, yaitu di Dusun Ciumpleng dan Dusun Nangerang. Keduanya longsor menimpa rumah warga, beruntung kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga:Sumpah Pemuda Momen Bersatu BangkitTingkatkan Kompetisi Dan Integritas Pemuda

“Sekarang intensitas curah hujan sudah mulai tinggi lagi, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di pemukiman dengan kondisi tanah labil dan berundak, itu harus waspada,” katanya kepada Sumeks, Minggu (30/10).

Menurutnya, pihaknya menyarankan pada saat warga melihat ada kondisi yang bisa menjadi faktor terjadinya bencana alam, maka harus cepat-cepat diantisipasi.

Dia mencontohkan, saat warga melihat ada sampah yang mampet di saluran irigasi, segera bersihkan sampah tersebut.

“Kalau ada kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan alam di sekitarnya, itu bisa mengurangi resiko bencana alam,” kata dia.

Bahkan, bencana alam seperti longsor itu terjadi karena kelalaian masyarakat itu sendiri. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya, itu juga bisa jadi salah satu faktor timbulnya bencana alam.

“Kadang bencana alam itu datang karena ulah masyarakat itu sendiri,seharusnya mereka menyadari hal-hal yang bisa memicu bencana alam,” katanya.(eri)

0 Komentar