Ternak Berpotensi Jadi Incaran Maling

Ternak Berpotensi Jadi Incaran Maling
Seorang peternak saat memberi pakan ternak sapi mereka. Kini, para peternak harus waspada mengingat ternaknya seringkali menjadi incaran maling (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja meminta warganya perketat keamanan lingkungan.

Wilayah pedesaan merupakan sentral hewan ternak, termasuk di Desa Tarunajaya. Banyak petani yang menjadikan ternak sebagai penunjang perekonomian jangka panjang.

Pemerintah Desa Tarunajaya meminta warganya untuk waspada dan saling menjaga satu sama lain untuk mengantisipasi adanya oknum pelaku kriminalitas yang bisa merugikan masyarakat.

Baca Juga:Kapolsek Minta Warga Waspadai LongsorSumpah Pemuda Momen Bersatu Bangkit

“Untuk wilayah perdesaan tentu saja banyak terdapat ternak, meskipun ternak yang warga pelihara berdampaingan dengan pemukiman tetap harus di jaga,  oleh sebab itu, program siskamling itu sangat penting,” kata Kepala Desa Tarunajaya Endas Jauharudin, Minggu (30/10).

Dikatakan, di Desa Tarunajaya, pernah ada kasus kehilangan ternak domba. Padahal kandang ternaknya itu berada di tengah pemukiman. Hal itu menandakan masih adanya peluang untuk maling melancarkan aksinya.

“Pernah ada kasus kehilangan ternak. Itu berarti pelaku kriminalitas masih punya peluang untuk eksekusi. Artinya masyarakat masih lengah atau kurang pengawasan,” kata dia.

Untuk itu, Endas juga meminta para ketua RT/RW intruksikan masyarakatnya untuk menggalakan ronda malam secara bergiliran.

“Ronda malam jangan sampai kendor. Minimalnya setiap kampung ada kegiatan pengawasan pada malam hari,” katanya.

Dia menilai, selama ini, masyarakat menganggap ternaknya itu dalam kondisi aman pada saat berada di kandang yang ada ditengah pemukiman. Padahal meskipun di dalam rumah sekalipun, pada saat pemiliknya lengah, bukan hal yang sulit bagi maling untuk menggasaknya.

“Mungkin kebanyakan masyarakat menganggap ternaknya itu aman pada saat disimpan di pemukiman. Padahal banyak contoh motor yang hilang dari dalam rumah,” tutupnya. (eri)

0 Komentar