Mengapa Air Bisa Terlambat Mengalir ke Pelanggan Perumda Tirta Medal Sumedang? Berikut Penjelasannya

Editor:

sumedang, KOTA – Keterlambatan air sampai ke rumah, acap kali dialami para pelanggan Perumda Tirta Medal. Apalagi pasca perbaikan kebocoran atau ketika ada kerusakan pompa dan gangguan aliran listrik.

 

Tak heran jika hal tersebut berbuah tanda tanya besar. Nah untuk mengetahui hal tersebut,  simak  penjelasan  berikut ini.

 

Hal yang harus diperhatikan dan dipahami oleh para pelanggan Perumda Tirta Medal Kabupaten Sumedang.

 

Beberapa faktor penyebab gangguan pelayanan distribusi air disebabkan karena beberapa hal.

 

Diantaranya, kebocoran pipa,  kerusakan pompa atau bahkan bisa   juga disebabkan oleh matinya aliran listrik. Sehingga, aliran  air yang berada dalam jaringan pipa seketika terhenti. Untuk memperbaikinya, pipa harus dalam keadaan kosong tanpa terisi air.

 

Ketika sudah selesai, hal yang pertama dilakukan petugas di lapangan yaitu menyalakan pompa air untuk mengalirkan air kedalam pipa jaringan. Sesudah pompa dinyalakan, air mulai mengalir didalam pipa jaringan

 

Sementara itu, udara yang mengisi pipa jaringan selama pipa kosong,  harus dikeluarkan terlebih dahulu, melalui ventilasi.

 

Untuk mengeluarkan udara, dibutuhkan waktu yang  relatif lama, sampai tekanan air normal kembali dan mengalir sampai ke pelanggan.

 

Ketika aliran air sudah normal, maka air akan mengalir terlebih dahulu ke wilayah yang pipa jaringannya berada di posisi elevasi dataran rendah.

 

Tingginya pemakaian di elevasi  dataran rendah pasca pebaikan,  mengakibatkan terhambatnya aliran air mengalir ke elevasi dataran tinggi. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *