Eartag, Ketahui Data Lengkap Sapi

Eartag, Ketahui Data Lengkap Sapi
Petugas dari DPP Kabupaten Sumedang memasang Eartag didampingi pihak TNI dan Polri di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Danpos Ramil Sumedang Selatan Kodim 0610/Sumedang  Peltu Aji Purwana dan dua orang Babinsa mendampingi Dinas Perikanan dan peternakan (Disnakan) Kabupaten Sumedang memasang Eartag pada hewan ternak, Selasa (8/11).

Kegiatan dilakukan di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.

Peltu Aji saat mendampingi petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang menyampaikan terdapat kode batang pada eartag tersebut untuk mengetahui informasi lengkap sapi. Salah satunya vaksinasi yang telah diterima.

“Kami juga mengajak kepada warga  agar melaksanakan vaksin PMK untuk ternaknya agar ternak yang dimiliki benar benar yakin sehat,” kata Peltu Aji.

Baca Juga:Badai Ancam Nelayan JatigedeTol Cisumdawu Rampung Desember

Dikatakan, dengan pemasangan eartag bisa mengetahui jenis kelamin, umur sapi, dan nama pemiliknya. Hal itu memudahkan pemantauan jika sapi sudah divaksin atau belum.

“Adapun jumlah sapi ternak yang sudah divaksin dosis PMK di Desa Sukajaya hari ini sebanyak 59 ekor. Sementara, yang sudah diberi penandaan Eartag tanda nomor telinga dari Dinas Peternakan sebanyak 59 ekor,” ungkapnya.

Secara lengkap, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang drh Vian menjelaskan pemasangan eartag bertujuan memudahkan pencatatan dan pendataan sekaligus pemantauan jumlah populasi hewan, status reproduksi dan distribusi hewan ternak.

Pemasangan Eartag Secure QR Code terhubung dengan aplikasi Identik PKH. Aplikasi ini bisa diunduh langsung pada handphone berbasis android melalui aplikasi Play Store.

“Kami dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumedang yang didampingi anggota TNI dari Kodim 0610/Sumedang dan anggota Polres Sumedang melakukan program penandaan dan pendataan sapi di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang secara bertahap berupa pemasangan anting telinga atau eartag yang didalamnya ada barcode untuk dimasukkan ke aplikasi bernama Identik PKH,” paparnya.

Dikatakan, dalam aplikasi tersebut, petugas akan menginput semua data ternak. Dari mulai foto, NIK peternak, lokasi, status kesehatan hewan ternak seperti tinggi badan, bobot badan sapi, hingga status vaksinasi PMK hewan tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri olehTim Disnakan Sumedang 6 orang dipimpin drh Vian, Danposmil Sumedang Selatan Plt Aji Purwana, Kepala Desa Sukajaya diwakili Kadus 2 Wewen Rohendi, Babinsa Sukajaya Serma Jaelani, Babinmas Sukajaya Bripka Asep Romdhon, Babinsa Kota Kulon Serda Darojat dan para pemilik hewan Ternak sapi. (rls)

0 Komentar