Sarang Tawon Jenis Vespa Dievakuasi

Sarang Tawon Jenis Vespa Dievakuasi
Regu 3 UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari melakukan evakuasi terhadap sarang tawon yang bersarang di atap rumah (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Petugas UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari Satpol PP Kabupaten Sumedang mengevakuasi sarang tawon jenis vespa affinis di Dusun Cibitung RT 03 RW 03, Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung.

Keberadaan sarang tawon tersebut cukup mengganggu kenyamanan warga.

Regu 3 UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari Yudha mengatakan khawatir menimbulkan korban, warga melaporkan adanya sarang tawon Vespa Affinis itu kepada tim Rescue Damkar wilayah Tanjungsari.

Sesampainya di lokasi, petugas dengan menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) lengkap langsung melakukan evakuasi terhadap sarang tawon yang bersarang di atap rumah.

Baca Juga:Go Vaccine Covid-19, Wujud Kepedulian Dosen UPI Kampus Sumedang Dalam Penanganan Kasus Covid-19Drainase Sayang – Cipacing Rusak, Bupati Minta PUTR Lakukan Pembenahan

Proses evakuasi sarang tawon jenis Vespa (Affinis) tersebut dilakukan dengan cara dimasukkan kedalam karung lalu dimusnahkan

dengan cara dibakar.

“Proses evakuasi sempat mengalami kesulitan, lantaran sarang tawon tersebut berada di atas genteng rumah,” tuturnya.

Dijelaskan, eksekusi pukul 20.00  sampai pukul 20.25 di rumah milik Didin 42.

Perlu diketahui hewan ini hidup secara berkelompok dalam koloni dengan ditandai adanya sarang berukuran besar sebagai tempat tinggal yang bisa berisi hingga ratusan tawon.

Alat pertahanan diri berupa sengatan dan racun bisa menjadi mematikan jika sewaktu-waktu digunakan untuk mempertahankan diri terhadap ancaman.

Saat menyengat, dalam hal ini manusia, korban bisa mengalami nekrotes atau cidera awal yang mengakibatkan matinya sel-sel jaringan hidup serta bisa mengalami rekasi anafilaksis.

Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. (kos)

0 Komentar