Warga Pakualam Minta Bantuan Ternak Entog

Warga Pakualam Minta Bantuan Ternak Entog
Seorang warga Desa Pakualam saat memberikan pakan ternak entoknya, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Warga Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja meminta bantuan ternak entog untuk tumbuhkan wisata di sekitar Waduk Jatigede. Kelompok ternak Jati Agung layangkan proposal ke dinas terkait untuk bantuan ternak unggas (entog).

Salah satu pengurus kelompok Jati Agung, Mus Kasmudi menyebutkan, pihaknya selama ini punya tekad untuk membuat kuliner khas yang ada di wisata Waduk Jatigede dengan bahan baku daging entog. Namun, sebelum hal itu terwujud warga harus memperbanyak komoditas entog di sekitar Waduk.

“Kami saat ini sebenarnya sudah menjalankan ternak entog di wilayah areal genangan waduk di Blok Pasir Kasur Bunder. Tetapi komoditasnya sangat minim, saat ini baru ada sekitar 50 ekor,” kata dia kepada Sumeks, Selasa (8/11).

Baca Juga:Damkar Sumedang Ajarkan Penggunaan APARLDII Sumedang Netral Aktif Terhadap Parpol

Dikatakan, budidaya entog di sekitar waduk sangat epektif karena banyak pakan tradisional seperti keong dan tutut. Bahkan, pertumbuhan ternak entog cukup terbilang cepat.

“Kalau ternak di sekitar waduk itu sangat epektif, karena banyak pakan alternatif, terutama pakan tradisional dengan protein tinggi,” kata dia.

Dalam hal ini, pihaknya berharap pemerintah bisa mendukung warga untuk mewujudkan cita-cita warga untuk budidaya entog yang mengerucut ke wisata kuliner.

“Kalau entog sudah banyak, kedepan kita bikin kios kuliner yang menyediakan beragam olahan entog,” katanya. (eri)

0 Komentar