Kadisbintalal Motivasi Kepercayaan Diri Santri, Kunjungi dan Silaturahmi ke Ponpes Khoerul Umam

Kadisbintalal Motivasi Kepercayaan Diri Santri, Kunjungi dan Silaturahmi ke Ponpes Khoerul Umam
Brigjen TNI AL Sandy Muchjidin Latief SIP melakukan foto bersama dengan Pimpinan Ponpes Khoerul Umam, Kepala Kemenag Sumedang dan Ketua MUI Sumedang (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Kunjungan Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut Sandy Muchjidin Latief SIP dan rombongan Korps Wanita Angkatan Laut pada Kamis (10/11) lalu ke Pondok Pesantren (Ponpes) Khoerul Umam Desa Mandalaherang Kecamatan Cimalaka disambut baik oleh Pemimpin Pondok Pesantren Khoerul Umam Drs H Ma’mun Khoer MAg.

Hadir dalam acara penyambutan ini Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang H Jajang Apipudin MAg, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumedang KH Anwar Sanusi. Hadir pula jajaran Forkopimcam Cimalaka dan Kepala Desa Mandalaherang Eded Ruspendi berikut jajaran  tokoh Masyarakat.

Dalam pidatonya, Brigjen Sandy Muchjidin Latief SIP mengingatkan para santri untuk memfilter dan membatasi penggunaan Handphone (HP), terkait dengan maraknya pinjaman online (pinjol) mudah dan situs-situs bebas. Semua itu, berbahaya secara finansial dan perkembangan akhlakul kharimah bagi generasi muda di masa akan datang.

Baca Juga:Antisipasi Banjir, Cimalaka Minta Gorong-gorong Jadi JembatanDuta Someah Jadi Pembeda Pelayanan di RSUD Sumedang

Dia juga memotivasi para santri untuk meraih kepercayaan (Trush). Dimana, kepercayaan adalah bagian yang terpenting untuk mengawali kehidupan.

Menurut Brigjend Sandy, trush itu ada tiga. Pertama, kompetensi, kedua Integritas dan ketiga Kedekatan.

“Kompetensi itu ada tiga faktor penunjangnya, yaitu pertama menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kedua mampu melatih diri untuk bisa terampil serta ketiga memiliki attitude (sikap perilaku). Perilakunya itu harus seimbang dengan kearifan lokal, dengan lingkungan di pesantren yang bersangkutan mampu menyesuaikan diri, karena datangnya dari hati yang baik seseorang yang berakhlakul kharimah yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasallam,” ujarnya.

Lanjut dia, kedua adalah memiliki integritas. Dimana integritas bukan hanya diperhatikan saja, tapi perlu adanya komitmen, greget, niat dan juga istiqomah lahir dan bathin.

Dan, ketiga, perlu memiliki kedekatan. Kedekatan ini  lahir batin, nomor satu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, nomor dua kepada keluarga Bapak Ibu yang adik kakak ketlrabat handai taulan.

“Serta, ketiga kedekatan ini diharapkan bisa membawa kita menjadi sosok pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Pemimpin Pesantren Khoerul Umam, Drs H Ma’mun Khoer MPd. menyampaikan rasa syukurnya atas kunjung silaturahmi ini.

0 Komentar