Ketik ‘Monyet Pakai Jas Hujan’ yang Keluar Malah Foto Jokowi, Kenapa ya?

Ketik 'Monyet Pakai Jas Hujan' yang Keluar Malah Foto Jokowi, Kenapa ya?
Ketik 'Monyet Pakai Jas Hujan' yang Keluar Malah Foto Jokowi, Kenapa ya? (ist/tangkapan layar)
0 Komentar

sumedangekspres – Kata kunci pencarian ‘monyet pakai jas hujan’ mendadak viral di Search Engine Google, sejak Senin, 21 November 2022 kemarin.

Sebab, dalam pencarian kata kunci tersebut ternyata yang muncul adalah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan jas hujan berwarna hijau.

Sontak saja hal tersebut langsung menjadi buah bibir di sosial media.

Baca Juga:Keren, Supporter Jepang Bersihkan Sampah Oknum Supporter Qatar dan Ekuador pada Laga Perdana Piala Dunia 2022 QatarPrediksi Denmark Vs Tunisia, Denmark Unggul Skuad. Waspadai Serangan Balik Tunisi

Bahkan di Twitter, tak sedikit yang menyuitkan tentang larangan mengetik kata kunci ‘monyet pakai jas hujan’ tersebut.

Diketahui, potret Jokowi mengenakan jas hujan berwarna hijau itu adalah foto resmi dari Sekretariat Kabinet ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Desa Harkat Jaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada tanggal 7 januari 2020 lalu.

Foto itu diunggah sebagai pelengkap artikel resmi Sekretariat Kabinet dalam websitenya setkab.go.id, yang diberi judul “Saat Presiden Jokowi Kenakan Jas Hujan Pemberian Warga di Sukajaya, Bogor”.

Saat itu, Presiden Jokowi tengah meninjau lokasi longsor di Desa Harkat Jaya, sembari mengenakan jas hujan hijau pemberian warga.

Selain kata kunci tersebut, ada beberapa kata kunci yang menurut kueri Google menghasilkan pencarian yang sama.

Di antaranya, ‘monyet pake jas hujan’, ‘monyet pakai jas hujan warna hijau’, ‘monyet pakai jas hujan ijo’, dan ‘monyet lagi pakai jas hujan’.

“Jgn pernah mencari di google arti monyet pake jas hujan, jangan!!!” tulis seorang netizen.

Baca Juga:Link Live Streaming Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022 QatarPrediksi Argentina Vs Arab Saudi dalam Piala Dunia Qatar 2022, Argentina Diunggulkan

“Don’t google Monyet pake jas hujan,” cuit pengguna Twitter lainnya.

Lantas, bagaimana bisa kata kunci tersebut memunculkan foto Presiden Jokowi?

Yuk, kita kulik informasinya di bawah ini.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pemerintah terkait kata kunci yang memunculkan foto Presiden Jokowi tersebut.

Kendati demikian, mungkin hal ini dapat dihubungkan dengan algoritma Google itu sendiri.

Mengutip laman Google Search Central, terhubungnya sebuah kata kunci kepada foto disebabkan tautan yang dibuat otomatis ketika gambar diunggah.

Saat sebuah kata kunci diketik di kolom pencarian, maka Google menampilkan hasil konten dalam bentuk artikel, gambar atau foto dan video yang terkait.

Dalam pencarian viral ini, algoritma Google mendeteksi kata kunci jas hujan.

0 Komentar