Korban Gempa Cianjur 151 Orang Hilang, Dalam Pencarian Tim SAR

Korban Gempa Cianjur 151 Orang Hilang, Dalam Pencarian Tim SAR
Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian korban gempa Cianjur yang masih dinyatakan hilang sebanyak 135 orang (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian korban gempa Cianjur yang masih dinyatakan hilang sebanyak 151 orang.

Operasi SAR pada tanggap darurat bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur memasuki hari ketiga pencarian.

“151 orang masih dinyatakan hilang dan dalam pencarian Tim SAR Gabungan,” terang Kepala Kantor SAR Bandung Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril SE MM, Rabu (23/11).

Baca Juga:Memilih Waktu Tepat Untuk Mandi di Pemandian Air PanasTempat Pemandian Air Panas di Conggeang dan Buahdua, Berikut Lokasi-lokasinya

Menurutnya, selaku SAR Mission Coordinator menyebut Basarnas telah menyusun rencana operasi SAR pada hari ketiga pencarian ini. Rencana operasi SAR dibagi menjadi 2, search plan bagi potensi SAR dan search plan bagi Tim Basarnas.

Adapun search plan untuk potensi SAR, tim akan dibagi menjadi 12 SRU (Search and Rescue Unit) ke 12 kecamatan wilayah terdampak gempa bumi antara lain Kecamatan Cianjur, Karangtengah, Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Cilaku, Bojongpicung, Cibeber, Sukaresmi, Cikalong Kulon, Saluyu dan Pacet.

“Tugas SRU yaitu melakukan pengecekan/asesmen wilayah terdampak gempa pada sector yang sudah ditentukan (kecamatan), memastikan di tiap-tiap lokasi tersebut sudah tidak ada lagi dibutuhkan upaya pencarian dan pertolongan,” ucapnya.

Ia menjelaskan apabila menemukan spot/dugaan dibutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, agar SRU menginformasikan koordinat kepada Pos SAR Gabungan, melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan pada spot tersebut.

Sedangkan, search plan untuk Tim Basarnas tim akan dibagi menjadi 4 sektor pencarian yaitu Sektor 1 KP. Cugenang RT 02, Sektor 2 KP. Rawa Cina Desa Nagrak,  Sektor 3 KP. Salakawung Desa Sarampat, Sektor 4 Warung Sate Sinta.

“Dengan rencana evakuasi jika korban ditemukan akan dibawa ke RSUD Cianjur menggunakan ambulance,” jelasnya.

Selain rencana pencarian, agenda khusus hari ini yaitu Rencana droping logistik untuk pengungsi di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang menggunakan Helly BO-105 Basarnas.

Berikut data posko utama status korban

Luka-luka : 1.083 orang

Mengungsi : 58.362 orang

Meninggal dunia : 268 orang (122 teridentifikasi)

Dalam pencarian : 151 orang

Baca Juga:Mahasiswa Sebagai Kaum Muda Menjadi Episentrum Gerakan PembaharuanWarga Sumedang Turut Tertimbun Longsor, Jadi Korban Gempa Cianjur

Adapun kekuatan personel tercatat 796 personel yaitu Kantor SAR Bandung, Kantor Pusat Basarnas, Crew Heli HR-3604,  Basarnas Special Group,  Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, Kantor SAR Cilacap serta relawan dan potensi SAR.

0 Komentar