Tempat Pemandian Air Panas di Conggeang dan Buahdua, Berikut Lokasi-lokasinya

Tempat Pemandian Air Panas di Conggeang dan Buahdua, Berikut Lokasi-lokasinya
0 Komentar

sumedangekspres – Wilayah Kecamatan Conggeang dan Buahdua Kabupaten Sumedang mempunyai beberapa tempat pemandian air panas yang bisa menjadi tujuan wisata atau hanya sekedar untuk mandi. Baik itu yang sudah dikelola dengan baik ataupun hanya sekedar pancuran.

Semua tempat tersebut biasanya menjadi tempat warga setempat untuk mandi saat pagi dan sore hari. Bahkan, di malam hari pun masih ada warga yang datang.

Selain Cipanas Sekarwangi dan Cileungsing yang sudah dikenal, di wilayah Kecamatan Conggeang dan Buahdua juga mempunyai mata air panas lainnya.

Baca Juga:Mahasiswa Sebagai Kaum Muda Menjadi Episentrum Gerakan PembaharuanWarga Sumedang Turut Tertimbun Longsor, Jadi Korban Gempa Cianjur

Berikut tempat-tempat pemandian air panas yang bisa menjadi rujukan apabila anda datang ke wilayah Kecamatan Conggeang ataupun Buahdua.

1. Cipanas Cileungsing
Wisata Air Panas Cileungsing terdapat di Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua.

Wisata ini sudah dikelola dengan baik dan menyediakan sarana prasarana yang cukup modern. Diantaranya, kolam renang air panas dan dingin, sarana bermain anak, penginapan, pancuran langsung dari mata air panas, pemandian tertutup dan sarana prasarana lainnya.

Banyak pengunjung yang selalu datang ke tempat ini. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Indramayu, Subang, Bandung, Majalengka dan lainnya.

2. Cipanas Sekarwangi
Dahulu, tempat ini terkenal dengan nama Cipanas Conggeang. Namun seiring waktu dan berada di Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua, kini lebih dikenal dengan nama Cipanas Sekarwangi.

Tempat ini sangat mudah dijangkau dari pusat Kecamatan Conggeang, hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja menuju arah Buahdua. Namun sayang, wisata Cipanas Sekarwangi saat ini seakan terbengkalai dan tidak terurus.

Tetapi, bagi warga setempat, meski tidak terurus, di sekitar Cipanas Sekarwangi ada tiga lokasi pancuran yang bisa jadi rujukan untuk mandi. Dua lokasi itu berada tepat di depan dan samping Cipanas Sekarwangi. Sementara, satu lagi berada di sekitar Sungai Cipanas yang berupa mata air langsung.

Baca Juga:Waspada! Sesar Baribis Sesar Terpanjang di Pulau JawaGunung Gajah Kabupaten Sumedang

Di ketiga tempat tersebut, banyak warga berdatangan untuk mandi di pagi dan sore hari. Tak jarang mereka pun harus antri jika ingin mandi.

3. Cipanas Bojong
Potensi wisata Cipanas Bojong sementara ini belum terekspos dengan baik. Hanya warga lokal yang mengetahui tempat ini.

0 Komentar