Mitos Sungai Yang Berkembang di Tanah Kalimantan, Lebih Seram Dari Pulau Jawa?

Mitos Sungai Yang Berkembang di Tanah Kalimantan, Lebih Seram Dari Pulau Jawa?
Mitos Sungai Yang Berkembang di Tanah Kalimantan, Lebih Seram Dari Pulau Jawa? (ist/jawapos.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Indonesia memiliki banyak sungai yang mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak cuma Pulau Jawa yang mempunyai sungai sungai besar dengan panorama yang indah. Pulau Kalimantan juga memiliki deretan sungai besar dengan panorama menawan. Mitos Sungai Yang Berkembang di Tanah Kalimantan, Lebih Seram Dari Pulau Jawa?

Meski terlihat begitu indah, beberapa sungainya selalu diselimuti dengan aura mistis yang sudah sangat luas  beredar di kalangan masyarakat nya. Kisahnya pasti bikin bulu kuduk kalian berdiri, berikut beberapa mitos sungai yang terkenal paling angker di Pulau Kalimantan.

Berikut ini admin sumeks telah merangkum beberapa Mitos Sungai yang Berkembang di Kalimantan dari berbagai sumber, cekicus:

1. Sungai Sekayam, Kalimantan Barat

Baca Juga:Amalan Hari Jumat, Dapat Pahala Berlipat Ganda!Beberapa Gejala Hipotermia Yang Wajib Pendaki Ketahui

Sungai Sekayam adalah salah satu sungai yang ada di Kalimantan, khususnya di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sungai sekayam merupakan anak sungai dari Sungai Kapuas. Menurut mitos yang beredar luas di masyarakat, ada penampakan sosok seekor buaya putih rakasasa yang menetap di Sungai Sekayam tersebut.

2. Hulu Sungai Barito, Kalimantan Tengah, Indonesia

Sungai Barito atau dikenal dengan nama lain yaitu Sungai Dusun yang berhulu wilayah Pegunungan Schwaner. Menurut mitos yang beredar ada dua buaya putih yang menghuni sungai tersebut, konon katanya dua buaya putih tersebut jelmaan dari dua orang patih yaitu Patih Laluntur dan Patih Sasanggan.

3. Sungai Martapura, Kalimantan Selatan, Indonesia

Masyarakat sekitar percaya bahwa ada sosok disekitar wilayah sungai tersebut bahwa sungai martapura sering memakan korban setiap tahunnya, sosok yang sudah menyebar luas diyakini mempunyai wujud nenek bungkuk. Menurut kepercayaan masyrakat itu sebagai arwah dari Nini Randa.

4. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur , Indonesia.

Sungai Mahakam mempunyai sebuah kisah naga yang hidup di dasar sungai ,yang selalu menjadi ajang pembicaraan masyarakat , ada yang mengatakan bahwa pernah muncul seekor naga yang mempunyai mata terang danmemiliki postur tubuh nya yang besar, dan munculnya pada tahun 1980-an.

0 Komentar