20 Makanan Khas Sunda yang Super Nikmat

20 Makanan Khas Sunda yang Super Nikmat
20 Makanan Khas Sunda yang Super Nikmat (Foto: instagram.com/verenasusan)
0 Komentar

Dengan bumbu kacang yang lezat, lotek terbuat dari sayuran yang sudah direbus, seperti kol, kacang panjang, taoge, dan kangkung.

Tetapi, apa yang membedakan lotek dari karedok yaitu rasa sayuran yang matang, sehingga lebih empuk.

Sementara, pada karedok biasanya disajikan dengan menggunakan sayuran mentah yang tentunya sudah dicuci sebelum disajikan.

Baca Juga:Pengumuman Penting Naruto 17 Desember 2022, Apakah Naruto Akan Mendapatkan Remake?Catat ENHYPEN Akan Menyapa Penggemar di Indonesia

Moms bisa menyantap lotek dengan nasi hangat atau lontong, dan kerupuk untuk memberikan sensasi makan yang lebih nikmat lagi.

10. Empal Gentong

Selain empal gepuk, ada juga empal gentong sebagai salah satu makanan khas Sunda.

Berbeda dengan empal gepuk, empal gentong dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong. Bahan utamanya juga berupa daging, usus, dan babat sapi.

Biasanya, empal gentong disajikan dengan nasi atau lontong, dan kucai. Tetapi, ada juga yang menikmati makan empal gentong dengan kuah santan yang gurih.

11. Surabi

Tidak melulu makanan gurih, ada juga makanan khas Sunda yang manis lainnya, yaitu surabi. Surabi biasanya dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Bandung.

Makanan khas Sunda ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku yang terbuat dari tanah liat.

Dengan bahan dan cara membuat yang sederhana, ternyata rasanya sangat unik, lho Moms.

Baca Juga:Cetak Laba Rp39,31 Triliun, Kontribusi BRI Untuk Negara & Rakyat Semakin MeningkatDigital Services Sumedang Bisa Lampaui Estonia

Awalnya, surabi hanya disajikan dengan gula yang telah dicairkan. Namun kini, banyak pedagang yang sudah mengkreasikan surabi menjadi makanan yang sangat nikmat.

Moms bisa menikmati atau membuat surabi dengan ragam topping menarik, seperti keju, selai stroberi, atau bahkan isian asin seperti telur, ayam, dan kornet.

12. Tahu Gejrot

Terakhir, ada tahu gejrot sebagai makanan khas Sunda yang juga tidak kalah enak.

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terkenal sebagai makanan khas Sunda juga.

Tahu gejrot dibuat dari tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong, kemudian disajikan dengan bumbu cabai yang segar.

Bumbu segar umumnya terbuat dari kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.

13. Sate Maranggi

Moms tentu sudah familiar dengan makanan khas Sunda yang terkenal, sate Maranggi. Sate ini bisa banyak ditemui di daerah Purwakarta hingga Cianjur.

0 Komentar