Sumber Daya Alam Harus Jadi Penghasilan

Sumber Daya Alam Harus Jadi Penghasilan
Seorang warga saat berada di Waduk Jatigede. Kini, warga dituntut untuk kreatif agar SDA menjadi penghasilan (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemerintah Desa Ranggon Kecamatan Darmaraja meminta warganya bijak manfaatkan sumber daya alam yang ada.

Untuk menggali sumber daya alam agar mampu memberikan manfaat bagi para petani, maka pemdes berharap petani lebih kreatif mengolahnya.

Kepala Desa Ranggon, Oo. Somantri menyebutkan, untuk saat ini di wilayah Desa ranggon sudah terdapat pohon kopi yang merupakan bantuan pihak Dinas Kehutanan provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu. Untuk mengembangkannya perlu ada keseriusan dari pihak petani.

Baca Juga:Pemuda Harus Mainkan Peran dalam PembangunanUsaha di Jatigede, Tingkatkan Ekonomi Warga

“Sekarang di desa ini sudah ada kopi, hal itu punya peluang untuk dijadikan produk unggulan,” katanya, baru-baru ini.

Oo menyebutkan, untuk mengembangkan komoditas tanaman kopi memang butuh proses. Setidaknya, dengan adanya bantuan bibit pohon kopi ini menjadi awal dari pengembangan kopi di Desa Ranggon.

“Untuk bisa berkembang memang butuh proses. Oleh sebab itu, sekarang kita fokus dulu untuk pembesaran tanaman kopi. Biasanya kalau sudah ada yang sukses dari hasil kopi maka petani lain akan melirik dan ikut budidaya kopi,” kata dia.

Selain kopi, ada juga komoditas jagung, singkong dan beberapa jenis palawija yang saat ini sudah mulai berkembang dimasyarakat. Untuk itu, masyarakat harus lebih ulet untuk bercocok tanam.

“Kalau kopi itu baru ada sekarang, tapi banyak komoditas lainnya yang sebenarnya sudah jadi andalan para petani,” tukasnya.

Dia menuturkan, bahkan gula aren juga sudah jadi salah satu produk unggulan Desa Ranggon yang saat ini sudah mulai dikenal diluar daerah.

“Gula Citatah sudah mulai dikenal di luar daerah, biasanya gula itu dijadikan buah tangan oleh tamu yang datang ke Desa Ranggon,” kata dia.

Baca Juga:Polres Sumedang Kirimkan Bantuan Bagi Korban Gempa CianjurSerang Gelar Rembug Stunting

Oo menyimpulkan, banyak hal yang bisa digali dan menghasilkan rupiah saat masyarakatnya ada kemauan untuk memanfaatkan sumber daya alam. (eri)

0 Komentar