Cara Masak Jengkol, Agar Tidak Menimbulkan Bau Tak Sedap

Cara Masak Jengkol, Agar Tidak Menimbulkan Bau Tak Sedap
Foto: Istimewa/Freepik
0 Komentar

sumedangekspres – Jika Tahu Cara Masaknya, Makan Jengkol Ternyata Tidak Meninggalkan Bau Tak Sedap. Berikut ini cara masak jengkol agar tidak bau.

Jengkol termasuk suku polong – polongan. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng , warnanya lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap.

Jengkol banyak disukai berbagai kalangan. Lantaran rasanya yang enak, lezat dan gurih. Apalagi bau nya yang khas.

Baca Juga:Cuaca Sumedang Sabtu 03 Desember 2022 Siang ini Hujan SedangCuaca Sumedang Jumat 02 Desember 2022 Siang ini Hujan Sedang, Yang Mau Jumatan Siap-siap Bawa Payung

Meskipun begitu, makan jengkol dihindari sejumlah orang, lantaran tak merasa tak berkenan dengan baunya.

Tetapi jika tahu cara masak jengkol, dengan benar, pastinya makanan yang satu ini bakal banyak diserbu banyak orang.

Seperti yang kita ketahui, jengkol merupakan tumbuhan khas Asia Tenggara yang disukai banyak orang di Indonesia. Tanaman yang berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan ini sering kali diolah menjadi berbagai olahan masakan.

Selain karena rasanya yang lezat jengkol juga diketahui mengandung banyak protein kalsium fosfor dan zat besi. Jengkol termasuk kelas magnoliopsida dan juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2 dan C. Meski begitu, sering kali banyak orang yang enggan memakan jengkol karena baunya yang kurang sedap.

5 Cara Masak Jengkol Agar Tidak Bau

Karena itu, mengolah jengkol tidak bisa sembarangan. Di sini ada beberapa tips dan trik untuk memasak jengkol agar tidak terlalu bau saat dikonsumsi.

1. Rebus jengkol dengan kopi
Jengkol bisa direbus dengan kopi tanpa gula selama 1 jam dengan api kecil untuk mengurangi baunya.
” sebelum dimasak dengan bumbu, coba rebus dulu dengan kopi bubuk tanpa gula. 1 jam saja dengan api kecil, nanti aromanya lumayan ternetralisir,” ujar Leo seperti dikutip dari berita Kompas.com.

2. Rendam dengan air kapur sirih
Kedua untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari Jengkol adalah dengan menggunakan air kapur sirih sebagai air rendaman. Kamu bisa merendam jengkol dengan air kapur sirih selama-lama untuk sedikit menetralisir bau yang ada pada jengkol.

0 Komentar