Gunung Semeru Dikaitkan Mitos Ramalan Jayabaya

Erupsi Gunung Semeru Dikaitkan Mitos Ramalan Jayabaya
wikimedia.org MIME type: image/jpeg
0 Komentar

sumedangekspresErupsi Gunung Semeru  Di Kaitkan Mitos Ramalan Jayabaya. Badan Meteorologi Jepang saat ini menginvestigasi mengenai erupsi Gunung Semeru menimbulkan tsunami di wilayahnya.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan jika tsunami terjadi akibat letusan Semeru dan mencapai Jepang, maka diperkirakan dapat tiba di Miyakojima dan Yaema di prefektur selatan Okinawa.

Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur membuat Jepang waspada akan tsunami. Badan Meteorologi Jepang saat ini tengah menginvestigasi mengenai apakah erupsi Gunung Semeru menimbulkan tsunami di wilayahnya.

Gunung Semeru Erupsi

Baca Juga:Tempat Wisata Bernuansa Negeri Dongeng Di Jatinangor SumedangGempa Bumi Kab. Garut Jawa Barat 3 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru  Di Kaitkan Mitos Ramalan Jayabaya. Semeru erupsi sekitar pukul 02.46 WIB dini hari ini dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak gunung sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Kejadian tersebut menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di Gunung Semeru masih sangat tinggi. Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung api Semeru

Masyarakat diharapkan agar selalu mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan.

Mitos Gunung Semeru

Semeru, yang juga dikenal sebagai Mahameru adalah gunung berapi yang lekat dengan mitos rakyat Jawa.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini, salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, dipercaya sebagai tempat tinggal dewa-dewa.

Menurut mitos, letusan Gunung Semeru dengan pertanda bencana, atau peristiwa besar yang membawa penderitaan bagi rakyat.

Baca Juga:Informasi Cara Melakukan Pembayaran E-Tilang Dan Mengambil Kelebihan Denda TilangAturan Tilang Elektronik Atau (ETLE) Segera Di Terapkan Di Bandung

Semburan awan panas pasca Gunung Semeru Erupsi terus terjadi. Dan semuanya dirasa berkaitan erat dengan mitos, Ramalan Jayabaya dan pertanda bencana.

Karena itulah tidak heran ada yang menghubungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan bahwa Pulau Jawa akan terbelah

0 Komentar