Menghadapi seminar proposal lebih maksimal

Menghadapi seminar proposal lebih maksimal
Menghadapi seminar proposal lebih maksimal (ist/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres–Menghadapi seminar proposal lebih maksimal harus dipersiapkan dengan matang karena langkah awal sebelum skripsianĀ  yaitu seminar proposal. Menjadi mahasiswa tingkat akhir adalah hal terberat di masa perkuliahan sebab tanggungjawab yang harus dihadapi akan begitu berat . Menghadapi skripsi adalah kepastian untuk memperoleh gelar yang menjadi tujuan awal masuk perkuliahan

Menghadapi seminar proposal lebih maksimal, Seminar proposal memiliki tujuan untuk mempresentasikan rencana topik penelitian yang akan diangkat oleh mahasiswa menjadi sebuah skripsi di hadapan dosen penguji.

Seminar proposal merupakan tahapan penting karena melalui seminar proposal seorang mahasiswa akan mendapatkan banyak masukan terkait penelitiannya baik dari segi topik permasalahan, metode, hingga teknik analisis data.

Baca Juga:Self Healing itu Perlu!Rekomendasi wisata kuliner di Purwakarta

Mempresentasikan rencana topik penelitian dalam kegiatan seminar proposal tentu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan serius sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut merupakan beberapa tips menghadapi seminar proposal bagi mahasiswa

  1. Siapkan draft proposal yang sesuai

Kerapian bisa jadi salah satu faktor penting sebab menjadi penilaian agar dosen pembimbing dapat segera memberikan lampu hijau untuk segera melakukan seminar proposal.

  1. Siapkan file presentasi yang menarik

Dalam penyusunan power point diusahakan untuk tidak terlalu banyak, sebisa mungkin dibuat secara singkat, padat, serta jelas. Hal yang paling utama adalah pemahaman kita harus kuat sehingga apa yang akan kita sampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Desain presentasi yang digunakan sebisa mungkin menggunakan tema yang cocok dengan topik penelitian yang akan dilaksanakan, baik itu dengan menambahkan gambar, elemen, atau desain lainnya yang dianggap sesuai.

  1. Pahami isi proposal sebelum presentasi

Hai yang paling penting ketika akan melakukan kegiatan seminar proposalĀ  yaitu pemahaman kamu akan diuji dengan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh dosen penguji. Maka dari itu, memahami isi proposal termasuk definisi dari variabel-variabel penelitian yang kita gunakan sekalipun sebisa mungkin sudah harus hafal di luar kepala.

  1. Melakukan gladi presentasi

Sebelum presentasi sebaiknya melalukan gladi presentasi sebelum melakukan presentasi sebenarnya di hadapan dosen penguji. Hal ini juga untuk mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan, sebab dalam mempresentasikan penelitian dalam seminar proposal bisanya terbatas oleh waktu.

0 Komentar