Wisata Ziarah Kabupaten Sumedang

Wisata Ziarah Kabupaten Sumedang
Wisata Ziarah Kabupaten Sumedang(istimewa/Instagram/fotosumedang)
0 Komentar

sumedangekspres – Wisata ziarah di Kabupaten Sumedang masih bagus eksistensinya dikarenakan banyak orang-orang dari luar Kabupaten Sumedang yang datang untuk berziarah di makam – makam Karuhun Sumedang.

Simak Daftar Wisata Ziarah di Kabupaten Sumedang :

1). Makam Pangeran Santri

Makam Pangeran Santri yang terletak di Lingkungan Pasarean, Makam Pasarean Gede, Kota Kulon, merupakan tempat wisata ziarah di Kabupaten Sumedang.

Semasa Hidupnya, Eyang Pangeran Santri atau yang bernama asli Maulana Solih merupakan ulama besar yang menyebarkan agama Islam di Kabupaten Sumedang.

2). Makam Dayeuh Luhur

Baca Juga:Lirik Lagu Ada Di mana mana – Selfi Yamma : Kau Membuatku Gelisah Tak MenentuLirik dan Chord Lagu Ada Di mana mana – Selfi Yamma : Kau Membuatku Gelisah Tak Menentu

Makam Dayeuh Luhur merupakan makam dimana tempatnya berada di atas Gunung Rengganis.

Di Makam Dayeuh luhur ada makam Prabu Geusan Ulun yang dulunya merupakan Radja di Kerajaan Sumedang Larang dan sang Istri Ratu Harisbaya.

Disana juga, terdapat petilasan atau biasa di sebut dengan makam Eyang Jaya Perkasa oleh masyarakat yang letaknya tak jauh dari Makam Prabu Geusan Ulun.

3). Makam Nangtung

Makam Nangtung berlokasi di Desa Nangtung, Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang juga merupakan tempat wisata ziarah yang sering di kunjungi orang luar daerah.

Makam Nangtung ini biasa di sebut dengan makam buyut nangtung yang bernama asli Eyang Jagabaya.

Eyang Jagabaya adalah salah satu putra dari Raden Ajimantri atau Raden Keling Sakawayana yang menikah dengan Nyimas Angkong.

4). Makam Eyang Tajimalela

Eyang Tajimalela merupakan leluhur dari Kabupaten Sumedang. Eyang Tajimalela ini adalah Prabu atau Raja yang pertama mencetuskan lahirnya nama Sumedang.

Baca Juga:Honai Etnik Papua SumedangLirik dan Terjemahan Lagu Care Bebek – Jegeg Bulan: Ngude beli liu munyi

Eyang Tajimalela adalah putra dari Prabu Aji Putih Radja dari Kerajaan Tembong Agung.
Eyang Tajimalela mencetuskan nama Sumedang yang berasal dari kata Insun medal dan Insun Madangan.

Makam Eyang Tajimalela berlokasi di Gunung Lingga Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

(wly)

0 Komentar