Warga Penasaran, Twin Tunnel Jadi Pembeda

Warga Penasaran, Twin Tunnel Jadi Pembeda
Warga Penasaran, Twin Tunnel Jadi Pembeda (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Setelah sekian lama menunggu, akhirnya jalan Tol Cisumdawu dibuka untuk area Sumedang dan Cimalaka pada kemarin 15 Desember 2022.

Tak sedikit warga yang penasaran untuk melintasi jalur Pemulihan hingga Cimalaka. Salah satunya Esa Ilham (2t) warga Sumedang yang sengaja melintasi jalur tersebut karena penasaran.

Dia sengaja masuk pintu tol Pamulihan dan keluar tol Sumedang Kota hanya untuk merasakan bagaimana sensasi Tol Cisumdawu yang saat ini telah dioperasikan.

Baca Juga:Ribuan Botol Miras Diamankan PolisiPenting, Ini Fakta Isu Remake Naruto 17 November!

”Kurang lebih 15 menit jarak tempuh pemulihan Sumedang Kota Ini efisiensi untuk kita yang sering bolak-balik Bandung Sumedang,” buka Ilham saat ditemui Sumeks, Sabtu (17/12).

Dia pun mengungkapkan terowongan yang dilintasi di area Pemulihan – Sumedang Kota menjadi daya tarik tersendiri.

“Penasaran sama terowongan yang membelah gunung. Pas tadi saya lintasi sensasinya cukup luar biasa ya. Ada teknologi yang mampu melubangi gunung,” tambahnya.

Dia pun berharap dengan dibukanya Tol Cisumdawu dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Sumedang dan dapat memajukan industri pariwisata Kabupaten Sumedang.

Tol Cisundawu sendiri kini yang masih jadi perbincangan hangat di masyarakat lantaran jalurnya yang berbeda dengan jalur tol yang lain. Tentunya, dengan adanya Twin Tunnel atau terowongan kembar.

Jalur Tol Cisumdawu sendiri dipenuhi pemandangan pegunungan yang cukup beragam yang membuat mata segar dan tak jenuh.

Selain itu, trowongan yang ada di Tol Cisundawu pun menjadi perbincangan lantaran terowongan tersebut mampu menerobos sebuah bukit yang berada di ranca kalong.

Baca Juga:Pengumuman Naruto 17 Desember, Beneran Remake?Banjir Lumpur Hantam Sawahdadap, Berasal dari Gunung Geulis

Dilansir dari website resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), terowongan trersebut memiliki lebar sepanjang 14 meter dan panjang 472 meter. Keberadaan terowongan ini mampu memberikan aksebilitas bagi wilayah Sumedang. Diatas terowongan pun di tanami tumbuhan yang memperindah jalur tersebut.

Tol Cisumdawu jika dilihat secara kontur dan secara visual, juga merupakan salah satu tol yang terindah di Indonesia, karena letaknya di sekitar wilayah pegunungan. (kga)

0 Komentar