Ubi Cilembu, Makanan Khas Sumedang Selain Tahu

Ubi Cilembu, Makanan Khas Sumedang Selain Tahu
Ubi Cilembu, Makanan Khas Sumedang Selain Tahu (NET ILLUSTRASI)
0 Komentar

sumedang, PAMULIHAN – Sumedang ternyata tak hanya mempunyai tahu sebagai ciri khasnya. Ada banyak makanan lain yang merupakan ciri dari daerah Sumedang ini salah satunya yaitu ubi Cilembu.

Ubi yang mempunyai cita rasa yang sangat manis ini, mempunyai cerita konon hanya bisa manis jika ditanam di Cilembu saja.

Menurut keterangan Abdul Rahman tokoh masyarakat setempat sejarah ubi Cilembu berasal dari Desa Cilembu yang hampir separuh wilayahnya merupakan perkebunan ubi.

Baca Juga:Pelaku Wisata Pertanyakan Bantuan InfrastrukturDorong Transformasi Digital Melalui Pelayanan Publik Satu Pintu

“Ubi ini sendiri sudah ada sejak zaman kolonial Belanda,” kata Abdul Rahman, belum lama ini.

Sementara itu, menurut penelitian salah satu mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang bernama Agustina Monalisa Tangapo, rasa manis dari ubi Cilembu ini dipengaruhi oleh keanekaragaman populas mikrobiologi. Yaitu, bakteri rizosfer dan endofit pada ubi Cilembu.

Hal ini yang menyebabkan perbedaan rasa manis ubi yang ditanam di Cilembu dengan ubi yang ditanam di desa lain.

Selain rasanya yang manis seperti madu, ubi ini juga memiliki tekstur yang lembut dengan aroma khas yang harum. Serta, cairan manis seperti madu yang begitu menggoda.

Salah satu cara untuk menikmati ubi Cilembu yaitu dengan cara dipanggang.

Dengan cara dipanggang, cita rasa yang dimiliki ubi Cilembu ini akan terasa maksimal dibanding dengan cara digoreng atau direbus. Hal ini disebabkan kandungan gula yang tinggi di dalam ubi Cilembu.

Kandungan gula yang tinggi itulah membuat ubi ini akan lebih mudah gosong apabila digoreng. Sementara jika direbus, kandungan gula nya akan berkurang.

Baca Juga:Pembukaan Lahan Berdampak Banjir Cimanggung Perbedaan merbah cerukcuk jantan dan betina

Meskipun memiliki kadar gula yang tinggi, tetapi ubi ini tidak akan menaikkan kadar gula di dalam tubuh.

Justru ubi Cilembu ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik untuk meningkatkan imun tubuh serta menjaga kesehatan. (red)

0 Komentar