Menu Ikan Bakar Cocok untuk Liburan!

Menu Ikan Bakar Cocok untuk Liburan!
Menu Ikan Bakar Cocok untuk Liburan!(ist/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Menu ikan bakar cocok untuk liburan, liburan sebentar lagi, untuk kamu yang sedang mencari referensi menu masakan untuk liburan, ikan bakar cocok untuk kamu coba buat di rumah untuk keluarga tercinta.

Menu ikan bakar cocok untuk liburan, apalagi di Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sumber daya yang sangat melimpah. Tak hanya di daratan, sumber kekayaan alam ini juga datang dari laut, salah satunya dengan beragam jenis ikan yang bisa dikonsumsi.

Berbagai restoran keluarga di Indonesia juga menyediakan menu ikan bakar yang rasanya sudah pasti akan menggoyang lidah. Beberapa resep berikut bisa kamu coba untuk keluarga tercinta, diantaranya:

Baca Juga:Resep Praktis Iga Bakar!Makanan Sehat Cocok untuk Diet!

1. Olahan Ikan Bakar Bumbu Padang
Resep Bumbu Ikan Bakar Padang
Padang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat adalah rumah dari sajian lezat yang kini sudah sangat terkenal di seluruh dunia yakni Rendang. Namun, sebetulnya tak hanya rendang saja yang menjadi andalan kuliner Sumatera Barat, hampir seluruh masakan di sini sangat lezat dan kaya rempah.

Bahan-bahan
3 ekor ikan kembung atau ikan apa saja sesuai selera (nila/kakap/gurame)
100 ml santan kental
100 ml air
Garam secukup nya
1 sdm kecap manis
2 buah kecil asam kandis
1 buah serai
Bahan Halus:
15 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 lembar daun jeruk (buang tulang daun)
5 cm lengkuas

Cara membuat:

Bersihkan ikan dahulu hingga bersih, dan kemudian taburkan dan olesi garam dan perasan jeruk nipis hingga merata dan diamkan sejenak di dalam wadah.Jika sudah, segera haluskan semua bahan halus dengan ulekan atau blender. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga wangi dan kemudian tambahkan garam, air, asam kandis, dan masak hingga mendidih.Jika sudah mendidih barulah tambahkan santan dan kecap. Masak hingga semua menjadi satu menggunakan api kecil hingga santan menyusut. Di sini juga bisa sambil mengoreksi rasa dan kemudian matikan kompor.Geprek sereh yang akan digunakan sebagai alat olesan ke ikan.Panaskan panggangan, bakar ikan di atas panggangan, dan balik jika salah satu sisi sudah setengah matang. Oleskan ikan dengan bumbu yg sudah dimasak tadi dan balik lagi dan oleskan ke bagian sisi yg lain. Sesekali saat dibakar beri olesan bumbu yang agak banyak.Bakar ikan dengan bolak balik hingga matang dan bumbu meresap ke bagian daging ikan.Ikan bakar bumbu Padang sudah siap disajikan dengan olesan sambal kecap atau aneka sambal sesuai selera. Supaya tak bau amis, kamu juga bisa kucuri ikan bakar dengan jeruk limau.

0 Komentar