Sekilas Sejarah Palang Merah Indonesia, Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka?

Sekilas Sejarah Palang Merah Indonesia, Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka?
Sekilas Sejarah Palang Merah Indonesia, Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka? (pmi.or.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Sejarah Palang Merah Indonesia, Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka?

Pengertian Palang Merah Indonesia

Palang Merah Indonesia atau lebih dikenal dengan PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan Nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

Palang Merah Indonesia atau PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

Palang Merah Indonesia (PMI) juga mempunyai kelompok sukarelawan yaitu Korps Sukarela dan Tenaga Sukarela.

Baca Juga:Hari Jadi Relawan PMI “Palang Merah Indonesia” di Tanggal 26 Desember? Simak Penjelasan nya!Pesona Wisata Camping Subang, Kamu Yang Hobi Kamping Wajib Kunjungi Tempat Ini?

Para relawan Palang Merah Indonesia ini bergerak dibidang kemanusiaan, karena mereka menjadi ujung tombak palang merah indonesia ketika ada musibah, bencana alam mereka akan langsung bergerak untuk melakukan pertolongan kepada yang membutuhkan.

Sejarah Palang Merah Indonesia (PMI)

Pada 21 Oktober 1873

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, mereka mendirikan organisasi Palang Merah di Indonesia dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK) pada saat itu yang kemudian mengganti namannya menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI).

Pada 1932 dan 1940

Selanjutnya pada 1932 timbul semangat untuk mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dipelopori oleh seorang dokter yaitu dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan. Kemudian, proposal pendirian diajukan pada kongres NERKAI (1940), namun ditolak. Selanjutnya pada saat penjajahan Jepang, proposal itu kembali diajukan, namun tetap ditolak.

Pada 3 September 1945

Pada 3 September 1945 Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa keberadaan Negara Indonesia adalah suatu fakta nyata setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Pada 5 September 1945

Pada 5 September 1945, dr. buntaran membentuk Panitia Lima yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan dr. Sitanala, untuk mempersiapkan pembentukan Palang merah di Indonesia.

Nah itulah sekilas informasi tentang Sekilas Sejarah Palang Merah Indonesia, Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka?

0 Komentar