Waspadai Penyakit Saat Pancaroba

Waspadai Penyakit Saat Pancaroba
Waspadai Penyakit Saat Pancaroba
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Kewaspadaan akan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), flu, pegel-pegel, masuk angin lambung, merupakan keluhan yang datang dari pasien Puskesmas Cimanggung.

Kewaspadaan akan beberapa penyakit itu disampaikan Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung drg Iting Mursyidah Hanum menjelang pancaroba.

“Pada masa pergantian musim atau pancaroba warga harus mewaspadai ISPA,” kata Iting kepada Sumeks di kantornya, belum lama ini.

Baca Juga:Genjot Perbaikan InfrastrukturLayanan Digital Banking Jadi Andalan Masyarakat, BRI Dinobatkan Sebagai “The Best Bank in Digital Service”

Menurutnya, Kasus ISPA memang ada peningkatan dalam beberapa waktu terakhir terlihat dari data kunjungan pasien ke PKM Cimanggung,” terangnya.

Ia mengatakan, ISPA memang tidak terlalu berbahaya, tetapi harus segera diobati. Sebab, mengganggu aktivitas, selain itu penyakit yang tidak segera tertangani bisa akut.

Menurutnya, penyakit ISPA menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran napas, mulai dari hidung hingga alveoli termasuk jaringan adneksanya, seperti sinus, rongga telinga tengah dan pleura.

Diterangkan, ISPA sering terjadi pada anak, karena sistem pertahanan tubuh anak masih rendah. “Lansia juga rentan terserang ISPA,” imbuhnya.

Dikatakan, untuk mencegah ISPA dan  yakni dengan kekebalan tubuh yang bagus. Harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dengan gizi bagus, imun tubuh kuat atau terbentuk kekebalan tubuh,” tegasnya. (kos)

0 Komentar