Kisah Aphrodite, Sang Dewi Simbol Kecantikan Yunani Kuno

Kisah Aphrodite, Sang Dewi Simbol Kecantikan Yunani Kuno
Kisah Aphrodite, Sang Dewi Simbol Kecantikan Yunani Kuno
0 Komentar

Dalam banyak cerita, Aphrodite adalah istri Hephaestus, dewa pandai besi yang berwajah buruk rupa namun, Aphrodite tidak setia dan disebut pernah menjalin cinta dengan dewa Ares, Hermes, dan Dionysos.

Ya, mereka berselingkuh. Perselingkuhannya dengan Ares dan Adonis menjadi kisah yang paling populer dibandingkan dengan percintaaannya dengan Dewa Olimpus yang lain. Konon, suami Aphrodite yang diceritakan ahli dalam pengerjaan logam, membuat ranjang emas khusus untuk menjebak perselingkuhannya dengan Ares.

Ketika Aphrodite dan Ares berada di atas ranjang dalam keadaan telanjang, mereka terjebak oleh rantai emas yang keluar dari ranjang buatan Hephaestus itu.

Baca Juga:Syukuran Dirgahayu GAPENSI ke 64, Ketua: Banyak Evaluasi dan SaranJualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Pakai Aplikasi ini Dijamin Untung

Aphrodite dan Ares semakin malu karena Helios sang dewa matahari menyinari dengan cahaya terangnya, sehingga semua penduduk Olimpus bisa melihat aib mereka. Setelah terbebas, Ares melarikan diri ke Thrace, sedangkan Aphrodite kembali ke Siprus.

Aphrodite juga menjalin cinta dengan pemuda rupawan bernama Adonis. Awalnya, Adonis yang tidak memiliki ibu, dijadikan rebutan untuk diasuh Aphrodite dan Persephone.

Perselisihan itu diselesaikan oleh Zeus, di mana Adonis akan menghabiskan waktu empat bulan dalam setahun bersama Aphrodite, empat bulan bersama Persephone, dan empat bulan sisanya bebas memilih.

Pada akhirnya, Adonis jatuh cinta dengan Aphrodite. Namun, suatu ketika, Adonis terbunuh oleh seekor babi hutan, yang membuat Aphrodite sangat sedih dan terus meratapi kehilangannya.

Dari beberapa kekasihnya, Aphrodite diceritakan memiliki beberapa putra, di antaranya:

  • Eros, dewa cinta (dengan Ares)
  • Harmonia (dengan Ares)
  • Aeneas (dengan Anchises)
  • Eryx raja Sisilia (dengan Butes the Argonaut)
  • Priapus (dengan Dionysos atau Adonis)

Nah, jadi itu kisah singkat Aphrodite sang dewi kecantikan

 

0 Komentar