Mitos gunung Tampomas Sumedang

Mitos gunung Tampomas Sumedang
Mitos gunung Tampomas Sumedang youtube Sobat Asik
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas mitos dan sejarah Gunung Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang.

Stratovolkano dengan ketinggian 1684 meter di atas permukaan laut ini juga memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung. Gunung Tampomas termasuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas

Cerita rakyat Jawa Barat, legenda Gunung Tampomas tidak terlepas dari makna atau nama yang melekat pada gunung itu. Dikutip dari berbagai sumber, Tampomas berasal dari dua suku kata, yaitu tampo dan emas.

Baca Juga:Sejarah Sumedang Tembong Agung Sebelum Sumedang LarangSejarah Sumedang Dayeuh Luhur, Pusat Pemerintahan ?

Tampo atau tampi diartikan sebagai menerima. Sedangkan emas adalah logam mulia emas. Jadi Tampomas, gunung yang menerima (emas). Disebut-sebut sebagai gunung yang menerima senjata pusaka berbalut emas.

Puncak Gunung Tampomas (penduduk setempat menyebutnya Sanghiyang Taraje) adalah sebuah lahan luas setinggi 1684 mdpl seluas 1 hektare yang berada di ujung paling atas Gunung Tampomas.

Lokasi ini memiliki estetika tinggi karena dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan indah ke arah Kota Sumedang dan sekitarnya.

Adanya lubang-lubang kawah dan batu-batu besar berwarna hitam manambah kekayaan imajinasi bagi yang melihatnya.

Sekitar 200 meter ke arah utara dari puncak Sanghiyang Taraje, terdapat makam keramat yang dikenal dengan nama Pasarean. Menurut kisah, tempat tersebut adalah petilasan dari Prabu Siliwangi dan Dalam Samaji pada masa kerajaan Pajajaran Lama.

Untuk mencapai kawasan puncak Tampomas, ada beberapa jalur (pos) pendakian di antara jalur yang sering digunakan oleh pendaki adalah jalur Narimbang, Cibeureum dan Buahdua. Di pos pendakian Narimbang terdapat mata air dan curug Ciputrawangi yang terkenal.

Di Puncak Sangiang Taraje akan didapati makam keramat yang dikenal dengan nama Pasarean. Makam tersebut hingga kini masih banyak dikunjungi warga. Belum ada cerita pasti siapa yang dikuburkan di puncak gunung tersebut.

Baca Juga:Sejarah Dan Silsilah Kerajaan Sumedang LarangSejarah Monumen Atau Tugu yang ada Di Sumedang

Mitos Gunung Tampomas Sumedang Walaupun, banyak kisah menceritakan, tempat tersebut adalah petilasan dari Prabu Siliwangi dan Dalam Samaji pada masa kerajaan Pajajaran Lama.

0 Komentar