Mata Air Yang Terkenal Di Sumedang

Mata Air di Sumedang
Mata Air di Sumedang
0 Komentar

Mata Air Cipelang ini berjarak 46,1 km dari exit tol Cileunyi. Jika ditempuh dengan lalulintas yang lancar diperkirakan berkisar antara 70 hingga 100 menit.

Hanya saja kalian harus memasrikan kondisi kendaraan kalian fit karena medan menuju Sumedang berbukit, berkelok dan penuh dengan tanjakan.

Hati-hati juga saat mengemudi karena banyak truk ukuran sedang hingga kecil yang melintas di jalur utama Sumedang menuju Majalengka, Kuningan hingga tembus ke Cirebon.

Baca Juga:Aliran Sungai Cimanuk Yang Melintas Di SumedangKesenian Khas Sumedang Songah Citengah

Beberapa sumber mata air memang memberikan kesan dingin di kulit saat pertama kali merasakannya. Namun kalian akan merasakan kesegaran luar biasa karena air yang berasal dari mata air ini benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi langsung. Pori-pori kulit kalian akan merasakan kesegaran air dari sumber mata air yang bersih seperti yang berada di Mata Air Cipelang Sumedang ini.

Mata air Cipanas Sekarwangi

Salah satu wisata alam pemandian Cipanas yang ada di Kabupaten Sumedang adalah Cipanas Sekarwangi wisata pemandian Air panas ini berlokasi di Conggeang.

Berdasarkan sejarahnya, wisata pemandian air panas Sekarwangi ini berdiri pada tahun 1960-an. Pemilik lokasinya adalah pemerintah Kabupaten Sumedang dan pengelolaannya di bawah wewenang Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang. Sementara pengelolaan di lapangannya dilakukan oleh pihak swasta, semenjak 1 April 2006 dalam hal ini Ibu Otong.

Wisata Cipanas Sekarwangi ini dilengkapi dengan kolam renang air panas dan penginapan berupa villa penginapan yang tersedia terbagi dua, ada yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sumedang yang berjumlah tujuh kamar dan ada yang dimiliki oleh Ibu Otong berjumlah 8 kamar, tiga khusus untuk keluarga. Ada juga tempat pemandian yang berjumlah enam buah.

Sementara fasilitas pendukungnya adalah klinik, kantin, mushola, tempat bermain anak dan kolam ikan.

Keunggulan Pemandian Cipanas ini daripada tempat pemadian air panas yang lain adalah bahwa air panas yang dimiliki mengandung zat belerang yang dimana bisa menyembuhkan asam urat, stroke ringan, khususnya untuk penyembuhan penyakit yang berkaitan dengan tulang.

Berikut mata air yang terkenal di Sumedang.

0 Komentar