Mata Air Yang Terkenal Di Sumedang

Mata Air di Sumedang
Mata Air di Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Mata air yang terkenal di sumedang banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota yang suka menikmati ke indahan alam seprti mata air di tempat tersebut terdapat mata air yang airnya sangat jernih. terkadang hidup beberapa ikan besar dan ikan kecil.

Sekarang di tempat mata air sudah di fasilitasi agar wisatawan merasa nyaman di tempat tersebut,  akan tetapi sebagian tempat mata air pasti wisatawan akan di kenakan tarif untuk memasuki  wahana mata air tersebut.

Ada beberapa mata air di Sumedang yang sering di datangi wisatawan berikut mata air yang ada di sumedang.

Mata air Cikandung

Baca Juga:Aliran Sungai Cimanuk Yang Melintas Di SumedangKesenian Khas Sumedang Songah Citengah

Mata air Cikandung terletak di bagian barat daya kawasan kaki Gunung Tampomas. Tepatnya terletak di kawasan Dusun Sukasari Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka. Mata air ini keluar dari bawah bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan yang menghijau dan berada pada ketinggian sekitar 587 meter di atas permukaan laut.

Air dari mata air Cikandung ini mengalir ke arah selatan menuju lahan pertanian berupa lahan pesawahan di Desa Nyalindung dan Desa Trunamanggala. Berdasarkan informasi yang didapat, debit air yang dihasilkan oleh mata air Cikandung ini mencapai 1.200 liter per detik.

Pada awalnya, kolam penampungan ini biasa dipakai oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan mandi dan mencuci serta tempat bermain air bagi anak-anak. Dengan menyebarnya informasi, mata air Cikandung menjadi salah satu tujuan wisata khususnya wisata lokal Sumedang.

Yang menjadikan mata air Cikandung sebagai lokasi wisata yang layak dikunjungi adalah beningnya air yang keluar dari mata air serta kondisi alam sekitarnya yang masih sangat asri. Ditambah dengan akses menuju lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Apalagi ketika di musim libur lebaran, banyak pemudik yang sengaja datang ke lokasi ini.

Matra air Cipelang

Mata Air Cipelang ini terletak di hilir sungai sehingga aman untuk digunakan sebagai tempat pemandian atau beranang. Menurut nitzen yang pernah kesana, sumber mata air Cipelang ini juga sering digunakan warga untuk mandi dan kebutuhan lainnya.

0 Komentar