Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong

Ajak Warga manfaatkan Lahan Gundul
Salah seorang Warga Desa Cijati Kecamatan Situraja sedang mengolah lahan gundul, untuk ditanami berbagai macam tanaman yang bermanfaat
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap alam, Pemerintah Desa Cijati himbau warga manfaatkan lahan kosong dengan tanaman keras.

Musim penghujan sangat cocok untuk penanaman berbagai jenis tumbuhan, sementara ini di desa tersebut masih terbilang banyak lahan kosong yang berpotensi dijadikan perkebunan tanaman keras.

Kepala Desa Cijati, Asep Junjun Junaedi menyebutkan, selain tanah warga ada juga lahan kas desa yang masih kurang produktif dan itu bisa dimanfaatkan dengan penanaman tanaman keras.

Baca Juga:Sawahdadap Transisi Tanggap DaruratProsedur Penggantian Sertifikat Hilang

“Saya mengajak warga untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman keras seperti sengon, jati dan sejenisnya,” kata dia kepada Sumeks baru-baru ini.

Sementara itu, pihak desa sudah melakukan upaya penanaman beberapa waktu lalu. Ratusan bibit unggul tanaman keras sudah ditanam.

“Kita sudah tanam beberapa jenis tanaman keras di lahan milik warga dan tanah kas desa,”katanya

Pihaknya berharap, warga bisa menjaga tanaman tersebut dan merawatnya sampai tumbuh besar dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Saat ini kita tinggal menjaganya dengan baik, karena satu pohon saja yang tumbuh, itu akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan kita,”katanya

Menurutnya, kondisi alam saat ini sudah mulai banyak pohon yang ditebang, dengan begitu harus ada regenerasi tanaman yang baru agar alam bisa tetap dilestarikan.

“Kita harus mau menanam pohon jangan hanya mau menebangnya saja, meski tanaman keras ini butuh waktu yang sangat lama untuk bisa ditebang, tapi manfaat dari tanaman ini bisa berlangsung lama,” katanya

Baca Juga:Bupati Serahkan Alat KTPMahasiswa Kenalkan Wakepo ke Warga Desa

Dikatakan,dengan adanya penyediaan bibit tanaman dari pihak terkait, diharapkan tidak ada lahan gundul di areal perkebunan dan hutan.

“Jangan sampai ada lahan gundul, karena itu bisa mengatasi pemanasan global,”katanya. (eri)

0 Komentar