Faktor Bau Mulut di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya!

Faktor bau mulut di pagi hari
Faktor bau mulut di pagi hari
0 Komentar

sumedangekspres– Faktor bau mulut di pagi hari dan cara mengatasinya, bau mulut di pagi hari pasti sering dirasakan. Bangun dengan napas pagi bukan jal yang menyenangkan untuk memulai hari kamu. Tapi napas berbau saat bangun tidur umum terjadi, dan kebanyakan orang mengalaminya di beberapa titik. Kondisi ini juga dapat diatasi.

Napas pagi (morning breath) adalah istilah yang biasa digunakan orang untuk menggambarkan napas yang berbau tidak sedap saat seseorang bangun tidur. Hampir setiap orang pernah mengalami bau mulut tidak sedap saat bangun di pagi hari.

Berikut ini apa penyebab bau mulut di pagi hari, dan cara mengatasinya.

1. Mulut Kering

Baca Juga:Tips Mengecilkan Perut Buncit!Dampak Mengkonsumsi Garam Berlebih untuk Kesehatan Jantung

Penyebab bau mulut di pagi hari yang pertama adalah karena mulut kering. Jika memiliki kebersihan mulut yang baik, kemungkinan besar penyebabnya adalah mulut kering. Air liur bertanggung jawab untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Saat tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut kering, sehingga membuat napas pagi menjadi lebih buruk.

2. Kebersihan Mulut yang Buruk

Penyebab bau mulut di pagi hari yang kedua yaitu karena kebersihan mulut yang buruk. Mulut kita adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri.

Jika tidak menyikat atau membersihkan gigi dengan efektif, partikel makanan dapat tersangkut di celah-celah permukaan lidah, di antara gigi, atau di sepanjang jaringan gusi kita. Bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut, yang melepaskan bau mulut di pagi hari.

Bau mulut di pagi hari, atau napas pagi ini bisa menjadi gejala penyakit periodontal, terutama jika kebersihan mulut yang buruk tidak terkendali. Penyakit periodontal memengaruhi gusi, menyebabkan infeksi pada kantong di bawah gigi yang menyebabkan halitosis yang kuat.

3. Makan Makanan Tertentu

Penyebab bau mulut di pagi hari yang ketiga yakni karena makanan tertentu. Apa yang dimasukkan ke dalam tubuh dapat menghasilkan bau mulut. Mengonsumsi makanan berbau menyengat di malam hari seperti bawang putih atau bawang merah mentah dapat menyebabkan bau mulut di keesokan harinya, meskipun Anda telah menyikat gigi dengan baik.

0 Komentar