Dari Bandung ke Bogor, Ridwan Kamil Meresmikan Situ Gede yang Makin Kesohor

Dari Bandung ke Bogor, Ridwan Kamil Meresmikan Situ Gede yang Makin Kesohor
Dari Bandung ke Bogor, Ridwan Kamil Meresmikan Situ Gede yang Makin Kesohor. (Foto:lst)
0 Komentar

sumedangekspres – Dari Bandung ke Bogor, Ridwan Kamil Meresmikan Situ Gede yang Makin Kesohor.

Situ Gede diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis, 19 Januari 2023.

Kawasan yang milik aset Pemrov Jawa Barat itu, memiliki luas sekitar 4,2 hektare.

Baca Juga:Dikira Boneka, Ternyata Jasad BayiPerubahan Sumedang Sangat Signifikan, Wamen: Harus Memiliki Dampak Bagi Masyarakat Sekitar

Kini semakin kental dengan nuansa eksotis sebagai destinasi wisata dan pengembangan ekowisata.

“Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp 7 miliar direvitalisasi oleh provinsi, untuk penignkatan ekonomi, wisata,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meresmikan Situ Gede pada Kamis 19 Januari 2023.

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat, yang seharusnya tempat tersebut jadi lokasi wisata yang sangat luar biasa, baik secara fungsi maupun yang lainnya.

“Mudah-mudahan (revitalisasi Situ Gede, red) memberikan kemaslahantan bagi masyarakat. Dengan ini revitalisasi Situ Gede kota Bogor diresmikan,” katanya.

Situ Gede Bogor merupakan sebuah situ alami, yang ada di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG), yang notabenenya sebagai pengelola kawasan hutan konservasi.

Dari Bandung ke Bogor, Ridwan Kamil Meresmikan Situ Gede yang Makin Kesohor, setelah direvitalisasi, maka potensi wisata Situ Gede Kota Bogor, semakin moncer.

Tidak hanya bernuansa alam saja, namun kini di sekitar kawasan Situ Gede, sudah dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi pendukung, seperti : wahana air, jogging track, warung-warung kuliner serta kawasan hutan lindung.

Baca Juga:Ratusan Polisi di Sumedang Mendadak Dites UrineJalan Amburadul Akibat Proyek Tol Cisumdawu Diperbaiki Setelah Diprotes warga

Bahkan, Situ Gede juga diuntungkan dengan letak lokasi yang berada di kawasan hutan lindung.

Sudah barang tentu, menyajikan suasana alami, air situ bersih dan penampungan air tetap terjaga sepanjang musim.

Senada diucapkan Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik, dengan penataan yang dilakukan seperti sekarang Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkeyakinan, kawasan tersebut akan bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

Optimisme itu diperkuat dengan letak lokasi Situ Gede, yang berdekatan dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan/IPB, akses mudah dijangkau, yakni berada di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya, yaitu : Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya air dan pengendali banjir.

0 Komentar