Mitos Pembangunan Waduk Cirata

Kisah Singkat Pembangunan Waduk Cirata Dan Misteri Waduk Cirata
Kisah Singkat Pembangunan Waduk Cirata Dan Misteri Waduk Cirata /pinterest
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Singkat Pembangunan Waduk Cirata Dan Misteri Waduk Cirata Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata adalah salah satu penghasil tenaga listrik di Provinsi Jawa Barat.

Waduk Cirata merupakah satu danau buatan yang dibangun dengan cara membendung Sungai Citarum. Pembangunan waduk dengan luas 43.777,6 ha yang terdiri atas 37.577,6 ha wilayah daratan dan 6.200 ha wilayah perairan ini direalisasikan pada 19 Mei 1984. Waduk yang dikelilingi perbukitan ini terbilang cukup besar karena genangannya tersebar di tiga Kabupaten, meliputi Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, dan Purwakarta.

Saat air Sungai Citarum dan Cisokan mulai menggenangi Cirata pada 1 September 1987, sebanyak 6.335 keluarga harus merelakan tanah kelahiran mereka menjadi genangan air. Selain itu, ada sebanyak 3.766 keluarga lain yang terpengaruh proyek itu. Warga yang terpengaruh proyek secara langsung maupun tidak langsung, sebagian besar memilih kegiatan ekonomi baru di sekitar waduk dan sebagian kecil memilih bertransmigrasi atau kegiatan ekonomi terarah.

Baca Juga:Kesenian Angklung Jenglung SumedangSejarah Kolonial Perlawanan Rakyat Nusantara Terhadap Portugis

Akan tetapi, berdasarkan penelitian tahun 1996-2000, waduk ini mengalami sedimentasi tinggi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Tengah. Hingga tahun 2000, endapan di Waduk Cirata sudah mencapai 62,8 juta m3. Sementara batas ekstrem yang dirancang bagi endapan di waduk tersebut volumenya 79,3 juta m3. Khusus tahun 2001 sedimentasi di Waduk Cirata mencapai 15 juta m3. Akibat sedimentasi yang parah, pada tahun 2009 diperkirakan sisa usia Waduk Cirata tinggal enam puluh tahun lagi, sedangkan dalam skenario normal, Waduk Cirata bisa bertahan hingga delapan puluh tahun lagi.

Kisah Singkat Pembangunan Waduk Cirata Dan Misteri Waduk Cirata. Selain memiliki keindahan dan manfaat yang baik tentunya waduk ini juga memiliki sejarah dan misteri, berikut misteri dari bendungan cirata

1. Misteri Penginapan Bendungan Cirata
Sebuah penginapan aneh dan angker berada di dekat bendunggan Cirata. Tak banyak orang yang berani bermalam di sini, kecuali kalau terpaksa sekali. Biasanya adalah orang-orang dari dinas pekerjaan umum atau wisatawan yang kadung tidak mendapatkan tempat layak berupa hotel bagus. Tarifnya memang murah untuk mendapatkan penginapan bergaya villa kuno. Namun siapa sangka, dengan menginap di sina, kita malah mendapatkan teror gaib.

0 Komentar