Sejarah Pembangunan Jalan Cadas Pangeran 1808

Pembangunan Jalan Cadas Pangeran
Pembangunan Jalan Cadas Pangeran
0 Komentar

Pembangunan Jalan Cadas Pangeran Ini bukan hanya disebabkan oleh kenyataan bahwa masyarakat pribumi yang daerahnya dilewati oleh jalur itu dilibatkan dalam penggarapannya, tetapi juga perubahan yang terjadi pada alam pikiran masyarakat akibat adanya proyek tersebut.

Adanya mitos tentang pembangunan jalan tersebut, polarisasi politik yang terjadi selama dan pasca pemerintahan Daendels bukan hanya terbatas pada orang Eropa tetapi juga melibatkan orang pribumi.

Munculnya legenda di atas menunjukkan bahwa beberapa kalangan pejabat Eropa berusaha menciptakan citra tentang Daendels di mata para elit penguasa dan masyarakat pribumi. Penentangan oleh Pangeran Kusumadinata membuktikan bahwa program Daendels menimbulkan penderitaan dan akhirnya memunculkan perlawanan rakyat.

Baca Juga:Makna Sejarah Situs Jatigede SumedangBeredar Penangkapan Gibran Oleh KPK Apakah Hoaks

Hal ini sengaja dimunculkan dan digunakan oleh orang-orang Eropa yang antiDaendels untuk menyatakan bahwa mega proyek Daendels tidak berhasil mengentaskan kondisi kehidupan rakyat. Hal ini sangat menarik mengingat dalam masyarakat Sunda terutama Sumedang tidak banyak menyampaikan keluhan ketika mengalami eksploitasi oleh VOC sejak satu setengah abad sebelumnya, tiba-tiba memunculkan suatu legenda yang bersifat penentangan terhadap suatu program jangka pendek oleh penguasa kolonial.

 

0 Komentar