Ciu, Minuman Tradisonal Sekelas Dengan Vodka

Batavia Arrack Van Oosten,
Batavia Arrack Van Oosten,
0 Komentar

Sumedangekspres.comCiu adalah minuman tradisonal dari pulau jawa yang mengandung Alkohol, Ciu sendiri terbuat dari ketela pohon yang difermentasikan .

Minuman ini mengandung alkohol yang cukup tinggi,dan bisa membuat orang yang meminumnya langsung mabuk.

Minuman keras ini berasal dari daerah Desa Kebjaran, Sumpiuh, Banyumas dan Cikakak Ajibarang, Jawa Tengah. harganya yang relatif murah daripada minuman botol membuat minuman nini memiliki banyak peminatnya.

Baca Juga:BBWS Citarum Temukan Penyempitan SungaiZulkifli Jabat Kepala Desa Licin

Minuman ciu  sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, di mana dulu pada sekitar abad ke-18 dikenal sebagai minuman keras dengan label Batavia Arrack Van Oosten, Batavia Arrack Van Oosten memproduksi minuman keras berbahan dasar yang sebenarnya banyak ditemui di wilayah nusantara seperti misalnya beras yang difermentasi, tetes tebu, dan kelapa.

Bahkan hingga saat ini pembuatan mminuman ini masih terbilang tradisonal, menggunakan bahan-bahan asli dan tidak mengandung campuran bahan kimia buatan lainnya

Ciu memiliki warna yang bening seperti air putih danmemiliki rasa pahit dan membuat sensasi terbakar di sekitar kerongkongan dan tenggorokan.

Meskipun ciu adalah minuman tradisional, kenyataannya minuman keras ciu justru menjadi minuman yang sering dilarang peredarannya oleh aparat kepolisian.

Ciu juga dicap sebagai minuman kelas rendahan dan rentan dioplos dengan bahan kimia yang berbahaya padahal faktanya ciu merupakan minuman tradisonal yang dibuat tanpa bahan kimia apapun.

Hingga saat ini polemik pelarangan peredaran ciu masih terus bergejolak, para penjual ciu tak sedikit yang tertangkap dan dirazia pihak kepolisian. Tak sedikit juga warga yang menggantungkan hidup pada pembuatan minuman ciu, salah satunya warga Desa Bekonang Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Desa Bekonang memang sudah terkenal sebagai daerah indsutri penghasil minuman beralkohol yaitu ciu bekonang. Minuman ciu bekonang inipun menjadi salah minuman favorit salah satu penanyi sampur sari legendaris yaitu Didi Kempot.

0 Komentar