Sei Sapi Makanan Khas NTT Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah

Sei Sapi Makanan Khas NTT Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah
(Istimewa/Pinterest Sei Sapi)
0 Komentar

sumedangekspres –  Sei Sapi merupakan sajian khas dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Daging sei diolah dengan teknik pengasapan kemudian dibumbui dengan garam dan sedikit bumbu. Tentu tak heran jika olahan ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Sei  berasal dari hafalan yang berarti daging diiris tipis memanjang. Sejatinya daging sei sendiri terbuat dari daging babi. Namun saat ini banyak restoran yang menjual makanan Sei Halal karena menggunakan daging sapi.

Sei Sapi olahan Daging Asap Khas Kupang dengan banyak variasi sambal khas nusantara. Salah satu restoran yang terkenal yaitu seisapiku. Namun jika restoran ini terlau jauh kamu bisa mencoba membuatnya di rumah ini dia resep dari pengguna Dapur Andwina @andwina8.

Baca Juga:Geografis Tahu Sumedang Sebagai Aset Potensial DaerahStudi Mengatakan Tahu Sumedang Menjadi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Bahan-bahan
-1/2 kg daging sapi, iris tebal sekitar 5cm
-Daun salam berikut rantingnya, agak banyak untuk memanggang
-Daun jeruk, daun pandan
-Laos, sereh digeprek

Bumbu dihaluskan :
-6 siung bawang putih
-1 sdt merica
-1 sdt ketumbar
-Secukupnya garam dan kaldu jamur

Cara Membuat
Langkah 1
Marinate daging dengan bumbu yg dihaluskan. Semalaman lebih baik agar meresap.

Langkah 2
Letak daun salam berikut rantingnya, daun jeruk, sereh, daun pandan, laos di atas tatakan oven. Kemudian jejer daging di atas tray, kemudian tutup daging dengan daun salam. Letakkan tray di atas tatakan daun salam tadi.

Langkah 3
Panggang selama 30 menit di suhu 160°c. Kemudian matikan api, diamkan selama 1 jam tanpa membuka oven. Lakukan hal tsb selama 3x. Kalau ingin tengah daging masih berwarna pink, cukup lakukan 2x. Biarkan dagin dalam oven hingga dingin. Keluarkan.

Langkah 4
Ketika akan disajikan, iris daging tipis2. Sajikan dengan sambal luat.Gunakan sambal matah, sesuai selera

Langkah 5
Panggang tanpa oven : Selain dengan oven bisa juga dipanggang dengan wajan tebal/besi utk steak. Lapisi wajan/besi dengan almunium foil. Kemudian letakkan daun salam, daun jeruk, daun pandan, sereh geprek, laos geprek. Di atasnya letakkan sarangan yang sudah di olesi minyak. Tutup. Panaskan wajan hingga berasap. Letakkan daging yg sudah dibumbui di atas sarangan, tutup lagi dengan daun salam.Dan tutup kembali wajan. Panggang.

0 Komentar