Strategi UMKM Pada Pengembangan Digitalisasi

UMKM Pada Srategi Pengembangan Digitalisasi
(Istimewa/Pinterest ilustrasi UMKM)
0 Komentar

sumedangekspres – UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia merupakan salah satu bidang usaha
dengan pelaku ekonomi yang mendominasi. Jumlah usaha mikro lebih banyak daripada usaha kecil di Indonesia. Didukung dengan adanya strategi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Pengusaha mulai menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi menjalankan atau mendukung usahanya. Gerakan digital yang dipercepat dan mengubah cara para wirausahawan tenaga kerja untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Khususnya dalam pengolahan, perlu dipikirkan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah Era Industri 4.0. Gerakan Revolusi Industri 4.0 telah bergema dalam beberapa tahun terakhir mempengaruhi perubahan cara kerja di berbagai bidang, terutama dalam dunia bisnis

Baca Juga:Resep Boba Yang Sering Menjadi Toping Minuman KekinianXiBoba Di Sumedang Ini Menu dan Lokasinya!

Pada salah satu penelitian “STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM” oleh Yusida Munsa Idah, Muliasari Pinilih. Untuk mendorong digitalisasi dan memudahkanUsaha Mikro Kecil menghadapi perubahan yang terjadi, pemerintah memfasilitasi akses dan alih teknologi bagi UMKM agar mampu bersaing dengan pelaku usaha.

Konsumen semakin terbiasa membuat keputusan berdasarkan konten digital dan melakukan pembelian online. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bisnis yang menjanjikan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengahdi Indonesia.

0 Komentar